Home » , , , , , , , , , , , , , , , » Asih, Sheilla, dan April Bicara soal Ambisi Mengejar Gengsi Thailand

Asih, Sheilla, dan April Bicara soal Ambisi Mengejar Gengsi Thailand

Written By admin on Senin, 28 Agustus 2017 | Agustus 28, 2017


harian365.com - Thailand sehingga kekuatan paling baik voli di Asia Tenggara saat ini, terutama di sektor putri. Trio tim nasional putri voli Indonesia punya pandangan soal itu.

Thailand berhasil mengawinkan medali emas voli SEA Games 2017 Kuala Lumpur di sektor putra serta putri usai mengalahkan Indonesia. Di sektor putra, Indonesia sejatinya diinginkan dapat merebut emas menyusul keberhasilan finis keempat di Kejuaraan Asia tahun ini.

Secara kekuatan tim putra Indonesia dikualitas tetap sebanding dengan Thailand, kalau tidak lebih baik. Tidak sama dengan tim putri, yang bahkan para pemainnya sendiri mengakui berat untuk dapat menanggulangi Thailand.

Tim putri Thailand sendiri sekarang duduk di peringkat 16 dunia. Mereka belum lama ini bahkan mengalahkan Brasil yang dianggap salah satu tim elite dunia di World Grand Prix.

Maka, ketika tim putri Indonesia dapat memberbagi perlawanan lumayan ketat dalam perolehan poin di final SEA Games 2017 muncullah kepuasan tersendiri. Terlepas dari skornya yang 0-3, Berlian Marsheilla serta teman-teman memberbagi perlawanan dengan poin 18-25, 24-26, serta 24-26.

"Udah merasa puas lah kalau aku pribadi. Soalnya kalau menonton kelasnya tim Thailand kan, dirinya udah main Grand Prix, udah kelas dunia lah kalau dapat dibilang. Makanya ya kalau kami dapat ngimbangi, ya udah seneng banget lah," ungkap Asih Titi Pangestuti terhadap hariansport usai pertandingan.

Asih adalah salah satu pemain senior di timnas voli saat ini. Usianya terbukti baru 24 tahun, tapi dirinya telah tiga kali ikut SEA Games tergolong tahun ini.

Menonton perjalanan timnas sejauh ini, dirinya mekualitas potensi untuk melangkah ke level lebih tinggi serta menyusul Thailand telah ada. Hanya saja butuh dukungan lebih untuk dapat ke sana.

"Kalau menurut aku pribadi, pertama dari fondasinya kita. Kalau mereka kan kalau udah timnas ya jangka panjang. Kalau kami kan mau SEA Games ini umpama, baru tiga bulan sebelumnya baru kumpul, baru latihan," ucap Asih.

"Kemudian kalau aku menonton dari Thailand sama Indonesia sebetulnya buat pemukul kami nggak jauh beda. Cuma buat pengumpan aja yang mungkin ketinggalan jauh lah," imbuhnya.

Salah satu faktor paling krusial untuk ditangani adalah ujicoba-ujicoba. Tidak hanya itu, persaingan di level liga juga butuh ditingkatkan lagi supaya membiasakan pemain dengan atmosfer kompetisi yang ketat.

"Try out tidak lebih banget lah. Kami sebelum ke sini juga cuma sekali doang try-out ke Vietnam. Cuma sekali banget, nggak ada lagi," perempuan berhijab ini mengungkapkan.

"Kompetisi liga juga menurut aku tidak lebih ya, pengalaman main kami tetap tidak lebih lah dibandingkan mereka. Setahu aku sih liga-liga di Thailand lebih keren daripada di Indonesia," tambahnya.


Soal ujicoba, Berlian Marsheilla serta Aprilia Manganang punya pandangan serupa. Sheilla yang adalah anak buah paling senior di tim mekualitas para pemain terlalu jarang ikut kompetisi-kompetisi di level Asia.

"Saya rasa Indonesia wajib berbenah dalam pengertian kalau Thailand ini kan dalam setahun ikut kejuaraan dapat 10 alias bahkan lebih. Nah, kalau dapat Indonesia ikut semacam Thailand," katanya terhadap para wartawan.

"Kalau dihitung paling Indonesia ikut paling cuma sekali-dua kali di kejuaraan Asia. Kami pengen ikut kayak Thailand, sehingga pengalamannya ada," Sheilla meningkatkankan.

Ujicoba di level tinggi itu menjadi penting sebab mematangkan para pemain baik dengan cara permainan maupun dengan cara mental. April mengakui Thailand dapat lebih tenang serta matang dengan cara mental di atas lapangan.

"Lebih ke jam terbang ya. Mereka itu lebih tidak sedikit bertanding dibandingkan kita. Kalau mereka kan kelas-kelasnya, kalau bertanding di Eropa. Kalau kami kan paling jauh ya Kalimantan, Sumatera, Papua. Sehingga pengalamannya tidak lebih, tapi sehingga pelajaranlah buat kami nanti," kata April.




Sumber : hariansport

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger