Home » , , , , , , , , , » Apa Arti 'Eta Terangkanlah' yang Viral? Ini Kata Budayawan Sunda

Apa Arti 'Eta Terangkanlah' yang Viral? Ini Kata Budayawan Sunda

Written By admin on Senin, 07 Agustus 2017 | Agustus 07, 2017


harian365.com - Fenomena 'eta terangkanlah' yang viral di media sosial sebetulnya berasal dari lagu penyanyi religi, Opick yang berjudul Khusnul Khotimah. Opick sendiri santai saat lagunya dibangun jadi parodi. 

Kata 'eta terangkanlah' pun tak jarang dilihat di media sosial, baik hanya berupa tulisan maupun parodi orang yang sambil menari diiringi lagu tersebut. 

Budayawan Sunda dari Universitas Pasundan membahas soal fenomena itu, dengan cara harfiah kata eta berasal dari bahasa Sunda yang berarti itu. 

"Sebetulnya, kalau saya lihat di youtube itu kan pelesetan dari lagu Opick, ada kata terangkanlah kan di lagunya. Saya enggak tahu siapa yang melesetin kenapa jadi viral," kata Budayawan Sunda, Hawe Setiawan, ketika dihubungi harianhot Senin (7/9/207). 

Sementara itu, kata eta dengan cara harfiah berarti itu alias kata petunjuk sesuatu. Ia berkata kata eta di dalam kalimat 'eta terangkanlah' dianggap sebagai verbal intensifiers, yaitu seperti kata bantu penguat kata kerja di depannya jadi tak ada artinya. Faktor ini berkaitan dengan kebiasaan orang Sunda yang meningkatkankan kata bantu sebagai penguat kata kerja di depan kata. 

"Tapi dalam kesehariannya kata eta bisa dianggap sebagai penghantar penunjuk sesuatu. Di bahasa Sunda, ada sesekali verbal intensifiers, seperti penguat kata kerja. Umpama, saya kasih contoh umpama diuk artinya duduk, sebelum ada kata duduk biasanya ada awalan kata di depannnya, gek. Jadi gek diuk," kata Hawe.


"Contoh lainnya, kalau mau pakai kata berdiri dalam bahasa Sunda disebut nangtung, sebelum ada kata nangtung wajib ada kata jung. Jadi itu wajib dihapal, itu kebiasaan di bahasa Sunda. Di penutur bahasa Sunda rutin digunakan tak punya pengertian tapi punya manfaat," imbuhnya. 

Dengan begitu, dirinya menganalisa pembuat viral 'eta terangkanlah' adalah seseorang yang berkata bahasa Sunda. Karena dianalisa dari kebiasaan masyarakat Sunda yang biasanya meningkatkankan kata bantu untuk memperkuat kata depannya. 

"Kata terangkanlah sendiri bahasa Indonesia, kata terangkanlah dari Opick, kata eta dari bahasa Sunda. Hampir bisa dipastikan anak yang membikin viral video itu adalah anak yang lahir dari penutur Sunda," imbuhnya. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger