Alamak, Begini Eksotisnya Sumba!

Written By admin on Sabtu, 12 Agustus 2017 | Agustus 12, 2017


harian365.com - Sumba menawarkan pemandangan alam yang aduhai serta masih sangat alami. Anda yang berjiwa petualangan mesti kemari. Eksotis banget!

Pulau Sumba bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya berada di sebelah barat laut Sumbawa, berbatasan dengan Flores di timur laut, Timor di timur, serta Australia di selatan serta tenggara.  Di bagian timur terletak Laut Sawu serta di sebelah selatan serta barat Samudra Hindia.

Setibanya di airport Umbu Mehang Kunda, Waingapu kami segera melanjutkan perjalanan darat menuju tempat pengrajin tenun ikat yang tidak sedikit dicari oleh para peneliti dunia serta penggiat tekstil nasional.

Dengan berkendara selama 20 menit dari Umbu Mehang Kunda, kami tiba di Kampung Haumara, desa yang ditinggali oleh para pengrajin tenun ikat khas Sumba Timur. Kami bertemu serta belajar dengan mama pengrajin tenun ikat dari proses pewarnaan yang masih menggunakan bahan dari alam, teknik menenun serta makna corak khas tenun sumba Timur yang tidak sama dengan Sumba Barat.

Masyarakat Sumba sebagian besar masih menganut kepercayaan animisme Merapu, kristen protestan serta katolik. Rumah khas penduduk Sumba yang tidak  berjendela serta upacara kematian yang dirayakan dengan meriah.

Ada yang khas dari rumah-rumah mereka, dimana di halaman rumah selalu ditemui Sarkofagus yaitu satu peninggalan jaman megalithikum yang berguna sebagai keranda dari batu besar berbentuk lesung atau palung dengan ditutup atasnya.


Sesudah terpesona dengan  kain ikat Sumba Timur serta belajar budaya masyarakat  Sumba, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Sumba Tengah serta Barat. Jalan yang mulus serta berbukit mengingatkan saya akan sajak penyair terkenal Taufik Ismail 'Beri Daku Sumba'.

Perbukitan savana sepanjang mata memandang dengan kuda liar serta kerbau dikejauhan. Kami pun berhenti sejenak untuk berfoto serta meresapi sensasi angin di tengah savana di bukit yang pernah menjadi lokasi syuting film nasional karya Garin Nugroho serta Mira Lesmana.

Tunggu apa lagi segera rasakan sendiri dramatisnya lanskap Sumba yang eksotis, tentunya tidak ketinggalan membeli kain tenun ikat khas Sumba nan cantik.




Sumber : hariantravel

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger