Home » , , , , , , , , , , , , » Waspada Kanker Anak, Dokter: Tidak Ada Pencegahannya

Waspada Kanker Anak, Dokter: Tidak Ada Pencegahannya

Written By admin on Kamis, 06 Juli 2017 | Juli 06, 2017


harian365.com - Kanker pada anak dapat terjadi dengan cara tiba-tiba. Sebab, kanker pada anak tak terjadi sebab gen alias makanan pemicu. "Kalau Tuhan bilang 'kenalah kau kanker' maka kenalah dia," ucap Dr Edi Setiawan Tehuteru, SpA(K), MHA, IBCLC, saat ditemui harianhealth, Selasa (4/7/2017), di sela-sela agenda peluncuran buku 'Nama Tengahku Mukjizat' di Gedung Graha Niaga Thamrin, Jakarta.

Kanker tipe apapun dapat saja menghampiri tubuh anak. "Jenis kanker tertidak sedikit yang menyerang anak merupakan leukemia, di Indonesia nomor kedua tertidak sedikit merupakan retinoblastoma (kanker bola mata), tapi kanker tipe lainnya dapat saja menyerang," terang dokter yang bersahabat disapa dr Edi ini.

dr Edi mengungkapkan belum ada langkah untuk mencegah kanker pada anak. Tidak hanya itu, deteksi dini pun hanya dapat diperbuat untuk satu tipe kanker yakni retinoblastoma. "Nama pemeriksaannya itu 'lihat merah' alias 'see red', itu setara sama pap smear, serta cuma itu saja," tuturnya.


Gejala yang dialami oleh pasien kanker terbukti tak jarangkali menyerupai gejala semacam penyakit lain. Semacam halnya demam yang dicurigai sebab penyakit tifus justru dapat sehingga penanda kanker. Dampaknya, orang tua tak jarangkali tak lebih sigap dalam mendeteksi penyakit yang menyerang si kecil. 

Menurut keterangannya, hampir 50 persen pasien datang pada stadium lanjut. Oleh sebabnya, penting sekali untuk orang tua memahami gejala-gejala yang dapat mengarah pada kanker.


"Kanker itu dibagi menjadi dua kelompok besar, kanker cair serta yang padat. Yang padatnya dapat berupa benjolan, kalau seandainya menemukan benjolan cepat konfirmasi ke dokter, ini ganas apa nggak," imbuhnya.


Sedangkan untuk kanker cair semacam leukemia, gejala yang wajib diwaspadai apabila telah ditemukan tiga hal; pucat, demam, pendarahan. "Apabila kami temukan dua dari tiga gejala ini dalam waktu yang bersamaan, cepat hubungi dokter," imbau dr Edi.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger