Home » , , , , , , , , , » Tak Hanya Penyakit Fisik, Penyakit Mental Juga Berisiko Menyerang Jamaah Haji

Tak Hanya Penyakit Fisik, Penyakit Mental Juga Berisiko Menyerang Jamaah Haji

Written By admin on Kamis, 27 Juli 2017 | Juli 27, 2017


harian365.com - Sebelum menjalankan rukun islam kelima, jamaah haji umum diberi penyuluhan dan pembekalan tentang pencegahan penyakit berisiko tinggi oleh Kementerian Kesehatan. Penyakit berisiko tinggi tersebut tidak hanya meliputi penyakit fisik tapi juga penyakit mental.

Menurut Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI Dr dr Eka Jusuf Singka, MSc, penyakit mental penting diperhatikan supaya tidak mengganggu kekhusyukan ibadah jamaah haji diri sendiri dan orang lain.

"Umpama orang stres, sedikit orangnya tapi mengganggu orang lain. Orang lagi tidur tiba-tiba diapain. Itu contoh risiko tinggi," ucap dr Eka.

Kemudian demensia alias penurunan manfaat kognitif otak yang ditandai dengan keadaan lupa bakal sesuatu juga wajib diperbuat penglihatan oleh dokter alias tenaga kesehatan.

"Tidak sedikit itu, kami telah kasih tahu kalau yang demensia tidak memenuhi syarat istita'ah. Tapi prosedur ini yang lain kan ada yang mengurus bukan Kemenkes saja," pungkas dr Eka.

"Pengawasannya wajib dengan dokter. Orang terus tua kecenderungan demensia. Seandainya sempat berangkat ke Arab, itu rata-rata satu tahun, yang musimnya lagi tinggi, 70 orang ada. Kasihan semuanya, kami berbagi obat-obat psikiatri, kami bawa dengan petugas," ucapnya lagi.


dr Eka berbicara tiap kloter diawasi oleh satu orang dokter dan dua orang perawat. Tidak hanya itu ketua regu juga diintervensi untuk memberbagi masukan terhadap jamaah. Bukan hanya itu, setidaknya ada tiga gelang yang juga diberikan terhadap jamaah haji berdasarkan riwayat penyakit.

"Gelang merah untuk orang tua 60 tahun ke atas dengan penyakit, gelang hijau untuk orang tua berisiko tinggi tapi itu orang tua saja tapi sehat, gelang kuning yang muda tapi sakit," kata dr Eka.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger