Home » , , , , , , , , , , » Studi: Merokok Bisa Tingkatkan Sensitivitas Terhadap Stres Sosial

Studi: Merokok Bisa Tingkatkan Sensitivitas Terhadap Stres Sosial

Written By admin on Jumat, 28 Juli 2017 | Juli 28, 2017


harian365.com - Membunuh waktu sambil menghisap kretek terbukti paling enak. Tetapi menurut suatu  penelitian baru yang diperbuat oleh Penelitian Ilmiah Nasional Prancis, merokok menambah sensitivitas kepada stres sosial.

Peneliti menemukan bahwa paparan nikotin menghasilkan efek yang menekan pada tikus percobaan. "(Percobaan) menunjukkan bahwa nikotin bisa menambah efek stres," kata Philippe Faure, kepala penelitian pusat, selagi presentasi penelitian di Paris semacam dilansir dari Times of India.

Para ilmuwan dari University of Paris-Seine's Neuroscience Laboratory serta University of Nice Sophia Antipolis 'Institute of Molecular and Cellular Pharmacology mengevaluasi tingkat stres sosial pada fauna pengerat semacam tikus terkena nikotin.


Dengan mendalami perilaku serta parameter elektrofisiologi otak mereka, para pakar tak menemukan tanda-tanda adanya tekanan sosial saat reseptor tersebut diblokir. Faktor sebaliknya terjadi pada tikus dengan reseptor nikotin aktif, yang menunjukkan tanda-tanda meningkatnya tekanan sosial.


"Periset juga bisa memastikan bahwa seekor tikus yang dikenai satu perbuatan penyerangan oleh salah satu perbuatan penyerangan menunjukkan tanda-tanda stres hanya apabila sebelumnya sempat terkena nikotin," kata studi tersebut.

Meskipun penelitian difokuskan pada tikus, pusat tersebut berbicara bakal mendalami apakah hasilnya bisa diterjemahkan ke manusia serta menonton juga efek nikotin pada gangguan mood lainnya.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger