Home » , , , , , , , , , » Saat Sahabat Bilang Mau Bunuh Diri, Ini yang Harus Dilakukan

Saat Sahabat Bilang Mau Bunuh Diri, Ini yang Harus Dilakukan

Written By admin on Sabtu, 22 Juli 2017 | Juli 22, 2017


harian365.com - Orang yang depresi dapat saja terpikir untuk bunuh diri. Faktor ini sebab begitu tak sedikit emosi yang terkumpul serta membikinnya terus tertekan. Padahal, dengan bercerita, ini dapat mengurangi risiko tindak bunuh diri.

Menurut Benny Prawira, SPsi, ketua komunitas pencegahan bunuh diri, Into The Light, saat ditemui harianhealth berbagai waktu lalu, ada berbagai faktor yang dapat diperbuat orang untuk mencegah upaya melukai diri sendiri oleh orang-orang kurang lebih. Salah satu caranya merupakan dengan untuk belajar lebih peka.

"Ketika kami beranggapan bahwa mereka pengen mati banget alias mereka justru main-main mau mati, nggak. It's not about the death itself. Dirinya pengen escape dari rasa sakitnya," ucap pria lulusan jurusan psikologi Universitas Ibu Mulia tersebut.

Menurutnya, kami wajib mencari tahu apa yang menjadi penyebab rasa sakit orang yang bakal meperbuat upaya bunuh diri ini. Seusainya, kami wajib mencoba untuk mendengarkan apa yang ia rasakan.



Apabila ia telah puas bercerita tentang segala macam kepedihan yang ada, berbagi ia motivasi supaya masih semangat menjalani kenasiban. "Rasa sakit itu yang wajib kami hubungkan ke sumber yang membikin dirinya bersi kukuh nasib jadi dirinya menjadi survive," terangnya.

Tetapi persoalannya, menurut pria yang tergabung dalam Youth Advisory Board dari National Center for The Prevention of Youth Suicide tersebut, tak jarangkali kami menonton persoalan yang dialami orang dengan cara moralis alias dalam perspektif yang sempit, jadi kami tak dapat masuk ke dalam perspektif seseorang.

"Kita ga memahami rasa sakitnya. Yang kami pahami cuma satu, 'gue ga enjoy denger dirinya ngomong gini'," ucap pria yang bersahabat disapa Benny ini.


Akhirnya tak sedikit orang yang hanya sekedar memberbagi nasihat alias terkadang malah diledek. "Yang mereka butuhkan cuma didengarkan kok," pungkasnya.

Tetapi, apabila kami merasa sahabat kami membutuhkan tenaga profesional untuk menanggulangi kegelisahan yang ada, kami juga wajib masih memperhatikan kesiapan orang tersebut supaya membikin orang tersebut masih merasa enjoy. Jangan sempat berjanji untuk tak sempat mengangkat tenaga pakar untuk membantunya.




Sumber : harianhealth


Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger