Home » , , , , , , , , , , , , , , , » Presiden Jokowi Pernah Ngopi di Dua Kedai Kopi di Jakarta Ini

Presiden Jokowi Pernah Ngopi di Dua Kedai Kopi di Jakarta Ini

Written By admin on Rabu, 12 Juli 2017 | Juli 12, 2017


harian365.com - Curry rice alias nasi dengan siraman kari adalah kari Jepang yang lezat. Hari ini kari instan diberi bubuk matcha jadi citarasanya unik. 

Bagaimana rasa nasi yang disiram dengan kuah kari berwarna hijau pekat ini? Penjual teh asal Kyoto, punya racikan kari yang terbuat dari bubuk matcha. 


Kari instan ini mulai diperjual belikan sejak 3 tahun yang lalu. Sampai kini, telah ada kurang lebih 33.000 kantong kari matcha yang terjual. Tidak hanya bumbu kari, kari ini dicampur dengan bubuk matcha. Dipasarkan oleh penjual teh di Kyoto, Itohkyuemon. Ia berusaha menciptakan kari dengan inovasi baru yang lebih enak sekaligus mempunyai warna, rasa serta esensi matcha. 

Kari matcha instan ini mempunyai rasa pahit yang pekat khas namun lebih ringan dibandingkan dengan bubuk matcha asli. Bukan rasa pahit yang menonjol, melainkan bau ekstrak kaldu ayam yang lebih kuat dengana gabungan lada putih jadi menghasilkan rasa pedas yang ringan. 

Kari ini dipasarkan dalam kemasan kantung vakum tertutup yang mudah disaapabilan. Kamu hanya butuh merebusnya selagi berbagai menit untuk memanaskannya serta kemudian dapat langsung disiram pada nasi putih. Bahan tambahannya berupa potongan wortel, kentang, daging ayam serta tumisan bawang bombay yang menjadi pelengkap standar sajian kari Jepang. 


Matcha yang dipakai terdiri dari dua tipe serbuk yang tidak sama, salah satunya adalah terbuat dari daun teh yang dipanen pertama untuk memperoleh sensasi rasa pahit untuk menyeimbangkan rasa umami kaldu. 

Secara umum, sajian kari ini punya rasa yang mirip semacam kari Jepang biasanya. Dengan gabungan rasa gurih serta rempah. Sekantung kari matcha instan yang dipasarkan di toko Itohyuemon di Kyoto dipasarkan dengan harga 540 yen alias kurang lebih Rp 63.000 per porsi.


Kedatangannya ke sini pun bukan tanpa alasan, pasalnya beliau sangat mengapresiasi brand lokal yang berhasil diciptakan oleh anak-anak muda semacam ini. Berkah kedatangan presiden, Kopi Tuku pun laris manis dipenuhi konsumen khususnya layanan antar makanan ojek online. Sehari Kopi Tuku dapat menjual kopinya setidak sedikit 500 gelas. 


Lain halnya dengan keterkenalan kopi tuku, Jokowi nyatanya juga sempat berkunjung mencicip kopi di kedai kopi tertua di Jakarta yaitu Kedai Tidak Kie. Telah berdiri sejak tahun 1927, kedai yang berada di kawasan Glodok ini punya racikan kopi enak. Kedai ini merilis dua tipe kopi yaitu kopi hitam serta kopi susu. 


Pelanggannya tidak hanya masyarakat biasa, sederet bintang film bunda kota serta pejabat pemerintahan nyatanya juga sempat mampir ke kedai ini. Berbagai waktu lalu Jokowi juga sempat bersepeda ke Kota Tua serta berkunjung ke kedai kopi ini saat kampanye. Jokowi sempat mencicip es kopinya tanpa susu. 

Wah, bagaimana? Sempat mencoba es kopi legendaris ini semacam pak Jokowi? 




Sumber : harianfood

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger