Penjelasan FIA tentang Start Bottas

Written By admin on Senin, 10 Juli 2017 | Juli 10, 2017


harian365.com - Pebalap Mercedes Valtteri Bottas dituding meperbuat jump start di GP Austria. Tapi Bottas lolos dari sanksi sebab pergerakan mobilnya tetap dapat ditolerir.

Bottas mengemas kemenangan keduanya di musim ini , seusai sehingga yang tercepat di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (9/7/2017). Pebalap Finlandia itu lebih cepat 0,658 detik dari rival terdekatnya Sebastian Vette (Ferrari), dan unggul 6,012 detik dari Daniel Ricciardo (Red Bull).

Selepas balapan, Vettel menuding Bottas meperbuat jump start. Dalam tayangan ulang, mobil W08 Bottas bergerak 0,201 detik sebelum lampu merah terbaru tanda start padam.

"Sistem jump start mekualitas apakah suatu  mobil telah bergerak dari jarak yang telah ditentukan sebelumnya (sangat sedikit) antara titik lampu merah terbaru menyala dan titik saat lampu padam," tulis pernyataan FIA di website resmi Formula 1.

"Kami mengenal bahwa butuh berbagai gerakan yang sangat kecil, sebab driver terkadang butuh adaptasi kopling dalam persiapan start. Sistem ini, yang bergantung dengan waktu resmi Formula 1, telah dipakai selagi 20 tahun dan memang dapat diandalkan," tambahnya.


"Kali ini, Valtteri Bottas tak melebihi (sangat sedikit) batas ini sebelum start. Sederhananya, dirinya membikin keputusan yang sangat seksama dan kebetulan, mengantisipasi saat lampu padam dengan penuh perhitungan. Setiap gerakan sebelum lampu padam dalam toleransi yang diizinkan."

"Sebagaimana dalam pasal 36.13 regulasi, salah satu hukuman di bawah pasal 38.3c alias d bakal dikenakan hukuman atas kesalahan start dengan memakai transponder FIA yang wajib terpasang di mobil sesuai spesifikasi," tutup pernyataan FIA.

Kemenangan ini membikin Bottas tetap berada di posisi tiga klasemen dengan poin 136, di bawah Lewis Hamilton (151) dan Vettel (171).




Sumber : hariansport


Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger