Home » , , , , , , , » Palangka Raya dan Beberapa Daerah Ini Jadi Calon Ibu Kota Baru

Palangka Raya dan Beberapa Daerah Ini Jadi Calon Ibu Kota Baru

Written By admin on Senin, 10 Juli 2017 | Juli 10, 2017


harian365.com - Palangka Raya ramai sehingga percakapan dalam berbagai waktu terbaru. Khususnya seusai pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan niat untuk memindahkan bunda kota.

Rencana pemindahan bunda kota sedang masuk bagianan kajian. Terbukti pada pemerintahan sebelumnya, rencana yang sama juga sempat timbul tetapi tak sempat ada kejelasan hingga akhir periode.

Sekarang, pemerintah munculkan lagi rencana tersebut. Bedanya, ada penekanan bahwa rencana bakal dikaji dengan cara serius hingga melahirkan keputusan. Baik itu keputusan untuk pindah maupun tidak.

Berdasarkan kajian sementara dari Kementerian PPN/Bappenas yang diterima harianhot, Senin (10/7/2017), Palangka Raya terbukti masuk sebagai salah satu pilihan.

Kota yang terletak di Kalimantan Tengah tersebut dianggap tepat sebagai pusat pemerintahan sebab mempunyai lahan yang luas serta tak rentan dari bencana alam semacam gempa.

Ada berbagai lagi daerah yang masuk dalam kajian tersebut. Di antaranya merupakan Jonggol, Kabupaten Bogor.


Wilayah Jonggol menjadi alternatif sebab sebelumnya juga sempat dikaji pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Dulu Jonggol dianggap lumayan ideal sebagai pusat pemerintahan.

Daerah lain yang menjadi alternatif merupakan Balikpapan serta Samarinda. Kedua kota ini sebetulnya saling berdekatan serta terletak di Kalimantan Timur.

Kajian pemindahan bunda kota ditargetkan berakhir sebelum akhir tahun. Bila keputusannya merupakan pindah, maka prosesnya bakal diperbuat dengan cara bertahap. Diperkirakan membutuhkan waktu 5-10 tahun. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger