Merasa Kesepian? Ini Efek Jahatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Written By admin on Sabtu, 08 Juli 2017 | Juli 08, 2017


harian365.com - Rasa kesepian bisa menyerang dengan cara tiba-tiba. Penyebabnya pun beragam, mulai dari tak punya pasangan, jauh dari keluarga, sampai jarang berjumpa dengan kawan-kawan.

Kesepian didefinisikan sebagai perasaan terasing alias kecewa sebab tak lebihnya interaksi sosial. Tak sedikit penelitian yang membuktikan bahwa efek kesepian tak hanya jahat bagi kesehatan jiwa, tetapi juga kesehatan tubuh dengan cara umum.

Apa saja? Dirangkum dari beberapa sumber, berikut efek jahat kesepian bagi kesehatan tubuh:


1. Susah tidur nyenyak
Dalam studi terakhir dari Inggris, ditemukan bahwa kesepian bisa membikin seseorang mudah lelah, susah konsentrasi serta susah tidur nyenyak.

Peneliti menyebut kesepian memicu keluarnya hormon kortisol alias hormon stres, yang membikin otak rutin dalam keadaan tegang serta siaga. Dampaknya, produksi hormon melatonin bertidak lebih serta tidur menjadi tak nyenyak.


2. Perkurang baik pilek
Penelitian yang diperbuat Rice University menyebut pilek bisa bertambah parah apabila seseorang sedang merasa kesepian. Faktor ini dibuktikan dari penelitian terhadap 159 orang partisipan.

Peneliti menemukan partisipan dengan skor rasa kesepian yang tinggi lebih mungkin untuk mengabarkan gejala pilek parah. Sementara itu seberapa besar jaringan sosial yang dimiliki partisipan dalam faktor ini tak terkesan berpengaruh.


3. Penyakit jantung
Kesepian juga diasosiasikan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung. Ahli berbicara saat kesepian, tubuh bakal mengeluarkan fibrinogen dalam jumlah tak sedikit yang bisa menaikkan tekanan darah serta memicu penumpukan lemak di pembuluh darah.


4. Penyakit kronis
Sebuah penelitian yang diperbuat oleh University of North Carolina menyebut kesepian bisa menambah risiko terjadinya inflamasi alias peradangan pada tubuh.

AKibatnya, tubuh menjadi lebih rentan mengalami beberapa macam penyakit kronis semacam hipertensi serta diabetes melitus.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger