Home » , , , , , , , , , , , , , » Mengintip Kehidupan Anak-anak Tunagrahita di Panti Sosial Kalideres

Mengintip Kehidupan Anak-anak Tunagrahita di Panti Sosial Kalideres

Written By admin on Senin, 31 Juli 2017 | Juli 31, 2017


harian365.com - Tunagrahita terbukti belum terkenal terdengar di telinga masyarakat luas. Apa itu tunagrahita? Yaitu keadaan keterakhir-akhir mental alias biasa disebut retardasi mental. 

Penyandang tunagrahita biasanya mempunyai IQ (Intelegence Quotient) di bawah rata-rata anak normal jadi menyebabkan manfaat kecerdasan serta intelektualnya terganggu. Serta berbagai dari mereka juga dibarengi dengan keterbatasan fisik (cacat fisik).

Mirisnya, nyatanya tetap tak sedikit anak-anak penyandang tunagrahita. Berbagai berada di Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Jl Peta Utara II, RT 02 RW 06, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat.

Baca juga: Gambar-gambar Riang Penyandang Tunagrahita Anak

Staf layanan Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Asep (38) berbicara bahwa tersedia 256 penyandang tunagrahita di panti tersebut. Rentang usianya dari 5-25 tahun.

"Mereka dari jalanan, yang kena Satpol PP. Ada juga yang ditinggal sama orangtuanya," ucap terhadap harianhealth, Minggu (30/7/2017).


Lebih dari setengahnya juga mempunyai keterbatasan fisik (cacat fisik). "Nggak dapat jalan, kakinya kayak menciut dari lahir," imbuhnya.

Para penyandang tunagrahita ditampung serta dibina di panti sosial ini, tidak hanya itu mereka juga disekolahkan di sekolah menarik. Mereka juga diberi keleluasaan untuk bermain serta berekreasi.


"Kita ajarkan sebisanya dirinya apa, kami ada sekolah SLB di belakang, yang dapat diajarin ya kami ajarin. Mereka untuk buang air ke kamar mandi saja sangat susah," ungkap Asep.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger