Home » , , , , , , , , » Mengapa Rasa Lapar Bisa Hilang Sendiri Saat Diabaikan?

Mengapa Rasa Lapar Bisa Hilang Sendiri Saat Diabaikan?

Written By admin on Senin, 24 Juli 2017 | Juli 24, 2017


harian365.com - Ketika sedang asyik bermain alias fokus kerja, kadang kami bisa tidak menyadari walau telah lewat jam makan tubuh bisa masih tidak merasa lapar. Begitu aktivitas berakhir, baru kemudian rasa lapar itu datang begitu hebat.

Berkaca dari fenomena tersebut, apakah berarti rasa lapar bisa sama sekali dihiraukan? Jawabannya menurut pakar diet klinis Leah Groppo dari Stanford Health Care lumayan kompleks.


Rasa lapar sendiri menurut studi di jurnal Physiology and Behavior terjadi ketika beberapa pemicu di otak terangsang. Salah satunya merupakan hormon bernama ghrelin yang diproduksi di perut serta bisa naik ke otak lewat darah.

Tingkat ghrelin bakal bertidak lebih ketika kami makan serta meningkat ketika kami berpuasa. Nah bila konsentrasi ghrelin ini lumayan tinggi di otak maka terjadilah rasa lapar.

Luar biasanya studi lain yang dipublikasi di jurnal Clinical Nutrition menonton pada orang-orang berpuasa dengan cara teratur tingkat ghrelin terbukti meningkat tapi mereka tidak mengabarkan rasa lapar. Artinya walau mungkin mempunyai pengaruh, hormon ghrelin saja tidak lumayan untuk menjadi faktor tunggal pemicu lapar.


Leah berbicara ada anekdot berdasarkan observasi bahwa ketika seseorang sedang sibuk maka otaknya bisa terlatih untuk menghiraukan sinyal lapar dari ghrelin.

"Seiring berlangsungnya waktu rasa lapar yang Kamu rasakan bisa bertidak lebih sebab Kamu sedang sangat fokus pada faktor lain. Bakal namun bila Kamu dikelilingi oleh faktor yang bisa menjadi petunjuk rasa lapar (semacam mencium aroma makanan) maka bakal sangat mungkin untuk mengingat alangkah laparnya Anda," kata Leah semacam dikutip dari Live Science, Senin (24/7/2017).




Sumber : harianhealth


Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger