Home » , , , , , , , » Mengapa Dana Parpol Harus Naik Rp 111 Miliar?

Mengapa Dana Parpol Harus Naik Rp 111 Miliar?

Written By admin on Selasa, 04 Juli 2017 | Juli 04, 2017


harian365.com - Pemerintah berencana menaikkan sertaa bantuan untuk partai politik hampir 10 kali lipat yang berarti meningkatkan biaya Rp 111 miliar. Kenaikan nominal ini dipertanyakan sejumlah pihak. 

Saat ini, partai politik di Indonesia mendapatkan sertaa bantuan sebesar Rp 108 per suara yang diperoleh saat Pemilu. Nominal itu bakal naik sehingga Rp 1.000. Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) mempertanyakan argumen yang dianggap susah dipahami. 

"Kenaikan hingga 10 kali lipat itu susah dipahami sebab argumen kenaikan tidak tampak sebab urgensi yang menarik. Mestinya kenaikan itu dengan cara berangsur-angsur untuk membahas misi bantuan tersebut yang wajib rutin diikuti dengan evaluasi terhadap pemakaian sertaa itu," kata peneliti Formappi, Lucius Karus terhadap wartawan, Selasa (4/7/2017). 


Lucius membicarakan, sebetulnya kenaikan sertaa parpol dapat saja diterima asalkan ada solusi sistematik dari pemerintah serta DPR soal keuangan parpol. Saat ini, kenaikan sertaa parpol terlihat hanya demi 'menyuap' parpol. 

"Solusi kenaikan bantuan sertaa parpol yang sekarang diperbuat pemerintah serta DPR terlihat tidak diperbuat untuk menyehatkan tata kelola parpol namun cenderung untuk 'menyuap' partai-partai supaya tidak rewel," ungkapnya. 

Sewajibnya, pemerintah serta DPR lebih dahulu menyusun skema reformasi parpol supaya kenaikan sertaa bantuan ini tidak sia-sia. Kebijakan ini disarankan untuk ditunda. 


"Pemerintah serta DPR sewajibnya menahan dulu kebijakan ini sambil menyusun skema perubahan tata kelola parpol yang menjadi lebih transparan serta akuntabel," papar Lucius. 


Mendagri Tjahjo Kumolo sebelumnya mengungkapkan revisi PP 5/2009 mengenai Bantuan Keuangan terhadap Partai Politik sedang dirancang. Anggarannya juga bakal dimasukkan ke APBN 2018. 

"Sekarang kami berupaya menganjurkan Rp 1.000 dari Rp 108 yang selagi 20 tahun nggak naik. Kan wajar," ucap Tjahjo di Kemendagri, Senin (3/7/2017). 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger