Home » , , , , , , , , , , » Makassar Punya Air Terjun Secantik ini

Makassar Punya Air Terjun Secantik ini

Written By admin on Minggu, 23 Juli 2017 | Juli 23, 2017


harian365.com - Makassar tidak hanya punya Pantai Losari. Di kabupaten Maros tersedia air terjun favorit untuk bermain basah-basahan, Bantimurung.

Objek wisata air terjun Bantimurung ini terletak di kabupaten Maros serta berada didalam kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaurung. Diperlukan waktu tidak lebih lebih satu jam perjalanan dari pusat kota Makassar untuk mencapai air terjun Bantimurung ini. 

Seusai membeli tiket masuk kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaurung, pengunjung wajib berlangsung kaki dengan jarak tidak lebih lebih 200 meter untuk menuju air terjun Bantimurung.

Bantimurung sendiri mempunyai pengertian 'gemuruh suara air' dalam bahasa setempat yang dalam sejarahnya diberbagi nama tersebut oleh Karaeng Simbang. Beliau adalah penguasa kerajaan Simbang yang berdiri tahun 1700-an.

Air terjun Bantimurung ini mempunyai ketinggian 15 meter serta lebar 20 meter, dengan arus air yang lumayan deras. Uniknya adalah air terjun bantimurung ini tidak mempunyai kolam penampungan yang dalam walau ketinggiannya masuk dalam ukuran tinggi untuk suatu  air terjun. 

Kolam penampungannya hanya sebatas betis orang dewasa, sehingga aman untuk keluarga khususnya anak kecil. Kegiatan favorit dari pengunjung adalah berseluncur dari dinding air terjun yang membentuk landasan kebawah memakai ban. Pasti faktor ini dikegunaaankan oleh pengelola setempat untuk menyediakan sewa ban bagi pengunjung.


Selain airnya yang segar, lokasi air terjun Bantimurung ini juga mengajak decak kagum sebab keindahannya. Dikelilingi oleh bukit karang tinggi yang serta ditumbuhi oleh rindangnya pepohonan meningkatkan kesejukan area ini. 

Sesekali terdengar suara Monyet alias Burung saling bersahutan diantar pepohonan membuktikan bahwa keseimbangan alam disini lumayan terjaga dengan baik.

Disebelah kiri dari Air Terjun Bantimurung tersedia suatu  tangga menuju ke sumber air terjun ini, suatu  alirna sungai yang berwarna hijau tosca. Tidak hanya itu, kami juga dapat menuju ke Goa Mimpi serta Goa batu yang mempunyai lorong stalaktit serta stalakmit sepanjang 1500 meter.




Sumber : hariantravel

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger