Home » , , , , , , , , , , , » Makan Ikan Tiap Hari Bikin Alergi, Mitos atau Fakta?

Makan Ikan Tiap Hari Bikin Alergi, Mitos atau Fakta?

Written By admin on Selasa, 04 Juli 2017 | Juli 04, 2017


harian365.com - Protein hewani masih diperlukan guna memperoleh gizi seimbang. Dalam seharinya, kurang lebih 30-50 gram protein hewani wajib diasup oleh tubuh. Protein hewani pun tidak wajib melulu didapatkan dari daging merah tapi juga ikan.

Meskipun Menteri Kelautan serta Perikanan RI, Susi Pudjiastuti kerap mengajurkan konsumsi ikan, tetapi masih saja ada sejumlah kekhawatiran semacam munculnya alergi apabila memakan ikan setiap harinya. Tetapi, apakah benar?

Menurut dr Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK, dalam wawancara bersama harianhealth, sebetulnya kekhawatiran semacam itu tidak butuh ditakutkan. Karena, alergi itu sendiri sebetulnya bukan dimunculkan dari seberapa besar frekuensi makanan tersebut dikonsumsi.


Alergi tergantung dari orang, yang paling penting memerhatikan gizi seimbang," terang dokter yang bersahabat disapa dr Yustina tersebut. Tetapi, dijelaskan olehnya, terbukti ada orang-orang tertentu yang tak dapat mengonsumsi ikan dengan cara selalu.

Ikan terbukti mempunyai sejumlah keunggulan dibandingkan dengan tipe protein hewani lainnya. Di samping harganya yang lebih ekonomis, ikan juga lebih rendah kolesterol serta mempunyai kandungan antioksidan yang dapat mencegah kanker.


Meskipun protein hewani dapat diperoleh dari ikan tetapi bukan berarti protein hewani lainnya menjadi tak boleh dikonsumsi. "Makannya bervariasi, kalau makan ikan semakin juga bosan kan? Kecuali, untuk orang tua, daging dengan tekstur keras kan terbukti wajib ditidak lebihi, sebaiknya konsumsi ikan," pungkas wakil ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PGMI) itu.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger