Home » , , , , , , , , , » Jonan Kirim Surat ke Jokowi Soal Pengembangan Mobil Listrik

Jonan Kirim Surat ke Jokowi Soal Pengembangan Mobil Listrik

Written By admin on Selasa, 11 Juli 2017 | Juli 11, 2017


harian365.com - Pulang dari China seusai menghadiri Eight Clean Energy Ministerial (CEM8) pada Juni 2017 lalu, Menteri ESDM Ignasius Jonan mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Isinya, Jonan memberi tau keinginannya supaya Indonesia segera mengembangkan mobil listips.

Pekan lalu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung telah mengajak jajaran Kementerian ESDM untuk membahas maksud surat Jonan tersebut. 


Instansi-instansi lain yang terkait dengan pengembangan mobil listips, umpama Kementerian Perindustrian (Kemenperin), bakal diundang juga oleh Seskab.

"Pak Seskab telah mengajak kami rapat minggu lalu, suratnya sebelum lebaran. Minta penjelasan dari Pak Jonan. Kelak seusai itu rapat berikutnya bakal mengajak instansi lain yang terkait, tergolong Kemenperin," kata Dirjen EBTKE Kementerian ESDM, Rida Mulyana, terhadap harianhot, Selasa (11/7/2017).

Rida mengungkapkan, Jonan mendapat inspirasi dalam kunjungan ke China. Di sana pengembangan mobil listips lumayan maju berkah dukungan dari pemerintahnya. 

"Seingat saya, Pak Jonan terinspirasi di situ. Makanya itulah yang ditulis Pak Jonan," tutur Rida.

Ia meningkatkankan, pengembangan mobil listips merupakan domain Kemenperin. Jonan hanya melempar ide saja, bukan mengambil alih tugas Kemenperin. 

Dalam faktor pengembangan mobil listips, Kementerian ESDM hanya bertugas menyediakan pasokan energi serta stasiun pengisian bahan bakar saja. Pengembangan mobil listips bakal masih dipimpin Kemenperin.


"Bukan berarti Pak Jonan mengurusi industri otomatif. Melempar ide saja, masih Kemenperin yang sehingga imamnya. Kalau urusan ESDM, antisipasi untuk menyediakan charging station-nya," Rida menerangkan.

Pengembangan mobil listips bakal mengangkat tidak sedikit kegunaaan positif, umpama mengurangi impor BBM. Udara juga sehingga lebih bersih, mobil listips tidak menghasilkan karbon dioksida semacam halnya mobil konvensional yang memakai bensin.

"Ini mengurangi ketergantungan kami pada BBM, kami juga mendapat lingkungan yang lebih bersih, menurunkan emisi gas rumah kaca," tutupnya.

Sebelumnya, pada 8 Juni 2017 lalu Jonan pernah mengunggah gambar dia berpose bersama mobil listips buatan China ke akun Facebook. Ia menyebutkan bahwa mobil listips bukan lagi mobil masa depan, tapi mobil masa kini. Jonan ingin pemakaian mobil listips di Indonesia ditingkatkan. 


Menurutnya, butuh dibangun kebijakan yang mendorong masyarakat supaya mau beralih ke mobil listips. Umpama dengan pemberian keringanan pajak untuk pemakaian mobil listips. 

"Ini bukan mobil masa depan, tapi mobil masa kini. Mengingat kapasitas ketenagalistipsan kami semakin meningkat, butuh dipikirkan insentif fiskal untuk pemakaian mobil listips di dalam negeri," kata Jonan semacam dikutip harianhot.

Selain lebih ramah lingkungan, mobil listips pasti bakal mengurangi ketergantungan Indonesia pada bahan bakar minyak (BBM). Apalagi sekarang kurang lebih 60% kebutuhan BBM Indonesia berasal dari impor.

"Mobil tenaga listips bakal mengurangi impor BBM," tutupnya. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger