Ini Efeknya Jika Memaksa Bekerja Tidak Sesuai Passion

Written By admin on Kamis, 06 Juli 2017 | Juli 06, 2017


harian365.com - Teringat mengenai perkataan mendiang Steve Jobs yaitu satu-satunya tutorial untuk meperbuat pekerjaan yang luar biasa merupakan dengan mencintai apa yang diperbuat. Jadi yang diperbuat bukan sekadar pemenuhan keharusan, melainkan berkarya sepenuh hati. Tetapi, apa dampaknya apabila memaksa bekerja tak sesuai passion?

Dijelaskan psikolog klinis dewasa, Vicka Yunita Tjhin MPsi, Psi, efek negatif bila memaksakan diri bekerja tak sesuai passion maka timbul perasaan tak enjoy yang tanpa sadar dapat memicu penurunan produktivitas kerja.

"Kalau terbukti seandainya udah dicoba, nyatanya masih nggak sesuai passion efek negatifnya tentu ada, yang pertama kemampuannce kerja tentu nggak bakal maksimal," kata Vicka.

Sebab menurut Vicka, sapaan akrabnya, ada argumen yang mendasar. Pada saat mengerjakan tugas-tugas alias pekerjaan yang notabene-nya disukai tentu dikerjakan dengan sepenuh hati. Tak sama ketika mengerjakan sesuatu yang tak dibahagiai tentu mengerjakannya sesuai standar serta hanya sekedar mencapai target, tak ada sesuatu yang dapat diberbagi dengan cara lebih.

"Pasti itu kan nggak keren ya untuk karir juga ke depannya semacam apa, sebab kan kami mengerjakannya juga udah nggak sepenuh hati," ucap Vicka.


Lantas, apabila pada akhirnya memilih 'menyerah' sebab bekerja tak sesuai passion, apakah tanda tak lebih percaya diri? "Sebetulnya kalau memilih untuk menyerah untuk hal-hal yang tak sesuai dengan passion bukan berarti dirinya tak percaya diri, justru dirinya berani mengambil langkah untuk mundur di bidang itu," kata Vicka.

Sebab memilih menyerah, artinya menurut Vicka, orang tersebut tahu hingga di titik mana kemampuannya. Dapat jadi bidang baru yang digeluti sekarang tak lebih tepat daripada bidang sebelumnya.

"Ya mungkin tak percaya diri untuk melanjutkan di bidang itu iya mungkin, tapi dirinya lumayan percaya diri dengan dirinya tahu sebetulnya dirinya tak tepat di bidang itu, dirinya tepat di bidang lain, serta dengan dirinya mengambil langkah mundur itu suatu  langkah yang lumayan berani sebetulnya," pungkas Vicka.




Sumber : harianhealth


Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger