Home » , , , , , , , , , » Ini Alasan Mengapa Sistem Endokrin Begitu Berarti Bagi Tubuh Manusia

Ini Alasan Mengapa Sistem Endokrin Begitu Berarti Bagi Tubuh Manusia

Written By admin on Sabtu, 22 Juli 2017 | Juli 22, 2017


harian365.com - Kelenjar endokrin yang terletak di dasar tengkorak memegang peranan amat penting bagi tubuh, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Ketika kelenjar endokrin terganggu maka dapat menyebabkan sebuahpenyakit. Mengapa begitu? 

Disampaikan oleh konsultan endokrinologi, dr Indra Wijaya SpPD, sistem endokrin adalah sebuahsistem yang terdiri dari berbagai jaringan alias organ dalam tubuh yang saling berkaitan, mengatur metabolisme tubuh agar senantiasa seimbang. 

"Pusat kontrolnya adalah hipotalamus serta hipofisis alias pituitary gland. Ini adalah kelenjar mutlak dari pusat endokrin. Artinya di otak kita, di tengah itu ada satu jaringan alias organ yang disebut sebagai kelenjar, itu bakal memproduksi hormon. Semua hormon yang berkaitan dengan metabolisme tubuh," kata dr Indra, sapaan akrabnya saat berbincang dengan harianhealth.


Adapun hormon yang dihasilkan kelenjar endokrin antara lain hipofisis, tiroid, paratiroid, timus, pankreas, kemudian kelenjar adrenal, kelenjar reproduksi untuk kehamilan serta kejantanan.

"Jadi semua organ ini itu menghasilkan hormon. Nah hormonnya itu terbukti ditujukan dibentuk untuk menciptakan sebuahkeseimbangan metabolisme tubuh kami agar dapat bekerja dengan baik sebab masing-masing ada perannya," kata dokter bertubuh tinggi ini.

Apabila hormonnya tak seimbang, imbuh dr Indra, dalam pengertian kelebihan maupun ketidak lebihan hormon dapat menyebabkan penyakit. "Jadi kalau ada tumor otak, ada kecelakaan alias pasien-pasien yang gegar otak alias sebagainya hormon dapat berubah semua sebab dikontrol dari atas," terangnya.


Tetapi, menurut dr Indra, dapat saja yang berpersoalan bukan di otak melainkan hormonnya sendiri yang berpersoalan. Contoh semacam pasien tiroid, tersedia benjolan di leher dampak kelenjar tiroid yang berpersoalan.


"Bisa saja di atasnya nggak ada persoalan justru kelenjar tiroidnya berpersoalan. Umpama ada benjolan di leher, tapi kan otaknya nggak apa-apa," tutur pria berkacamata itu.

Selain itu, gangguan endokrin pun dapat menyebabkan sakit gula, diabetes, serta kencing manis yang dikarenakan oleh tak lebihnya hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas.

"Maka itu salah satu pengobatan diabetes adalah insulin, sebab pankreasnya tak lebih menghasilkan insulin," ujar dr Indra.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger