Home » , , , , , , , , , , » Ini Alasan Mengapa Ada Buah Segar yang Perlu Dimakan dengan Kulitnya!

Ini Alasan Mengapa Ada Buah Segar yang Perlu Dimakan dengan Kulitnya!

Written By admin on Selasa, 04 Juli 2017 | Juli 04, 2017


harian365.com - Berbagai buah diduga mengandung tak sedikit residu pestisida jadi tak jarang dikupas kulitnya. Padahal kulit buah ini punya nutrisi yang berkhasiat.

Buah-buahan yang dikategorikan mengandung tinggi residu pestisida semacam apel, anggur, plum, strawberry sampai jambu biji. Tetapi, Nadine Auon selaku pakar gizi berbicara bahwa, kandungan vitamin serta nutrisi paling atas ditemukan di kulit serta juga daging.


Umpama saja apel. Menurut United States Departement of Agriculture (USDA) mengonsumsi satu buah apel berkapasitas besar yang dimakan bersama dengan kulitnya bakal mendapat asupan kurang lebih 5 gr serat, 13 mg kalsium, 239 mg kalium serta 10 mg vitamin C. Bakal namun apabila Kamu mengonsumsinya tanpa kulit, maka kandungan nutrisi satu buah apel menjadi 3 gram serat, 11 mg kalsium, 194 mg potassium serta berbagai tipe vitamin lainnya. 

Buah anggur mengandung antosianin, sedangkan anggur hijau menghasilkan lebih tak sedikit tanin, khususnya katekin. Senyawa antioksidan ini terkonsentrasi padat pada kulit serta juga biji. Sedangkan kulit jambu biji mempunyai sifat anti mikroba yang bisa melawan bakteri Staphylococcus aureus yang adalah bakteri resisten antibiotik. Senyawa fenolik yang ada di kulit jambu biji adalah gallic acid serta ferulic acid yang bisa menolong melawan infeksi dengan tutorial memutus dinding sel bakteri.


Mesikipun kulit pisang bukan menjadi faktor lumrah untuk dikonsumsi, bakal tetapi kulit buah ini punya tak sedikit kegunaaan. Kulit pisang mengandung lutein yang penting untuk penglihatan. Asam amino, triptofan lebih tak sedikit terkandung dibagian kulit dibandingkan buah, ini bisa menolong mengendalikan perubahan suasana hati.


Meskipun rasanya pahit, bakal tetapi Kamu bisa mengupas tahap luar kulitnya dan mencampurkannya ke dalam smoothies ataupun merebus kulitnya berbagai menit hingga lembut. Kalau Kamu mau, kulit pisang bisa juga dipanggang dalam oven selagi 20 menit alias hingga kering lalu dijadikan teh.


Baik anggur maupun jambu biji sama-sama adalah sumber antioksidan dan juga berbagai vitamin semacam A, C dan B dan serat larut, mineral semacam potasium dan phyto nutrisi lainnya. 

"Kandungan nutrisi dari buah-buahan ini lebih dekat ke arah kulit mereka," jelas Dr. Juliot Vinola, pakar gizi klinis sekaligus konsultan gizi.

Menurutnya, dengan membuang kulitnya, maka Kamu bakal kehilangan 3-4 nutrisi dan serat larut di dalamnya. Tetapi, mengupas buah ini hingga batas tertentu bisa menghapus residu pestisida. "Pestisida meresap ke dalam buah-buahan yang mengandng air leebih tak sedikit dan lapisan luar yang tipis. Tapi, volume residu juga bergantu pada berapa jumlah paparan pestisida. Ketidaktahuan petani mengenai seberapa tak sedikit konsentrasi bahan kimia ini dipakai, membikin buah dan sayuran lebih tak sedikit terkena zat kimia dalam jumlah tak sedikit," tutur Vinolia.

Sehingga Kamu bisa memilih buah-buahan organik alias mencucinya hingga bersih sebelum hendak mengonsumsinya. 




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger