Home » , , , , , , , , , , » Inge Prasetyo, Pegiat Olahraga yang 'Akrab' dengan Kanker Payudara

Inge Prasetyo, Pegiat Olahraga yang 'Akrab' dengan Kanker Payudara

Written By admin on Rabu, 12 Juli 2017 | Juli 12, 2017


harian365.com - Kanker payudara adalah kanker penyebab kematian paling atas seusai kanker serviks. Para wanita menyadari bahwa dirinya mengidap kanker ini ketika stadiumnya telah lumayan tinggi.

Semacam yang diungkapkan 'atlet' triathlon Inge Prasetyo, ibunya tergolong salah seorang penyintas kanker payudara yang telat terdeteksi. Tak lebihnya pengetahuan serta info tentang kanker ini pada saat itu menjadi penyebabnya.

Ibunya yang terdiagnosis kanker payudara pada tahun 1999 diakui tak sengaja mengecekkan payudaranya pada dokter di Malaysia. "Jadi pas tahu pertama mamah saya kayak gitu ya lumayan kaget, bimbang juga wajib gimana, semakin mikirnya telah negatif banget," ujarnya terhadap harianhealth yang ditemui usai konferensi pers Indonesia Goes Pink di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017).


Beberapa tahun kemudian, kedua tantenya juga terdiagnosis kanker yang sama dengan stadium yang telah lumayan tinggi. Kedua tantenya yang tinggal di Yogyakarta pada saat itu hanya dapat meperbuat pengobatan ke klinik alias puskesmas terdekat.

"Salah satu tante saya sebab dirinya nggak married serta dirinya juga agak kesusahan keuangan, sehingga dirinya memilih untuk nggak berobat. Sehingga hingga akhirnya terbukti kasihan banget menontonnya," jelas Inge, yang mewakili Indonesia di ajang Ironman World Championship 2017.


"Tapi sebab itu terbukti keputusan dia, sehingga kami menghormati keputusannya untuk nggak mau berobat," imbuh Inge. Tantenya yang lain meperbuat beberapa pengobatan, tetapi tak sukses sebab telah telat terdeteksi.

Sedangkan ibunya juga menjalani serangkaian pengobatan di Malaysia, Jakarta, serta Singapura. Mulai dari operasi pelantikan payudara, kemoterapi bertahun-tahun, hingga radiasi berkali-kali.

"Pengobatan pilihan semua juga telah sempat dicoba," tambahnya.

Tetapi pada akhirnya, bunda dari pegiat olahraga triathlon ini wajib 'menyerah' sebab kanker yang menggerogotinya juga memicu munculnya penyakit komplikasi yang lain.




Sumber : harianhealth


Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger