Home » , , , , , , , , , » Hati-hati! Salah Perawatan, Bulu Hidung Bisa Picu Mimisan

Hati-hati! Salah Perawatan, Bulu Hidung Bisa Picu Mimisan

Written By admin on Selasa, 25 Juli 2017 | Juli 25, 2017


harian365.com - Hidung adalah anak buah tubuh yang butuh perawatan sebab adalah tempat di mana respirasi alias pernapasan manusia berjalan. Untuk menjaganya rutin sehat, sebetulnya tutorial yang diperbuat tidaklah susah. Tapi apabila salah-salah dampaknya dapat jadi persoalan.

Saat dihubungi oleh harianhealth via telepon, Senin (24/7/2017), dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Center Denpasar, membahas bagaimana sebaiknya memelihara bulu hidung, yakni rambut-rambut halus yang tumbuh di rongga hidung. Menurutnya adalah dengan tutorial yang lumayan mudah yakni membasuhnya dengan air.

Dengan memasukkan air ke dalam hidung alias dibasuh saja? Ketua Umum HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Bali ini menyatakan bahwa tak ada tutorial khusus untuk membersihkannya. Membersihkan hidung dapat diperbuat di sela-sela mencuci muka.

Mengupil alias mengorek hidung boleh saja untuk mengeluarkan kotoran hidung, tetapi masih wajib memperhatikan sejumlah hal. Semacam dengan meperbuat dengan cara pelan, tak terlalu dalam, alias memakai bantuan dari kain yang lembut.


"Yang penting wajib lembut, sebab mukosa rapuh serta tak sedikit pembuluh darah," tambahnya. Sebab, apabila mengoreknya dengan kasar, dikhawatirkan bakal membikin pembuluh darah dalam hidung pecah jadi terjadi mimisan.

Selain itu, Dr Agus Subagio, SpTHT, spesialis THT dari RS Puri Indah juga sempat memberikan tipsnya untuk pilihan membersihkan hidung. 

Salah satunya adalah dengan memakai garam laut yang tak sedikit dipasarkan di pasaran dalam kemasan botol. Tak butuh dihirup-hirup, tinggal disemprotkan saja ke rongga hidung. Risiko tersedak sebab menghirup terlalu dalam pastinya lebih kecil.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger