Written By admin on Senin, 24 Juli 2017 | Juli 24, 2017


harian365.com - Sebagai hukuman, ke-9 anak SD pelaku bullying di Jakarta tak hanya dikeluarkan dari sekolah tetapi juga dicabut hak kepemilikan KJP (Kartu Jakarta Pintar)-nya. Apakah hukuman seperti ini dirasa butuh?

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Psi., Psi, menanggapi pertanyaan ini dengan berbicara 'bisa iya serta dapat tidak'. 

Pertama, terkait aturan sanksi untuk anak yang meperbuat perbuatan di luar norma sosial seperti yang diperbuat tukang bully ini. Bila sekolah terbukti mempunyai aturan pemberian sanksi yang tegas untuk anak pelaku bullying, maka aturan tersebut terbukti wajib dilaksanakan.

"Tapi kalau sebenarnya tak ada aturan seperti itu, tiba-tiba langsung mengeluarkan, ya itu nggak bener juga," tandasnya saat berbincang dengan harianhealth, Kamis (20/7/2017).


Kedua, terkait efek jera yang dapat timbul dari aturan mengeluarkan siswa pelaku bullying dari sekolah. "Kalau terbukti dikeluarkan dari sekolah itu bukan sekadar memberbagi efek jera bagi anak tersebut tapi juga menjadi efek jera bagi anak lainnya, itu dapat sehingga faktor yang baik sih," paparnya lagi.

Dengan begitu, tak ada siswa lain yang berani mencoba untuk meperbuat perbuatan serupa sebab khawatir dengan konsekuensi yang dijanapabilan. 

Tetapi di luar kebijakan ekstrem ini, psikolog yang bersahabat disapa Nina tersebut menyarankan bahwa yang paling penting merupakan mendorong pelaku untuk meminta maaf terhadap korbannya terlebih dahulu, kemudian diminta untuk meperbuat perubahan perilaku. 


Nina meningkatkankan pelaku juga dapat diberi tanggung jawab untuk membenahi psikis si korban supaya 'pulih' dari luka dampak perundungan.

"Mungkin tantangan buat mereka merupakan proyek-proyek supaya korban bullying ini menjadi anak yang baik lagi. Itu dapat didiskusikan dengan guru-guru," tambahnya.




Sumber : harianhealrh

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger