Home » , , , , , , , , , , » Faktor Genetik Pengaruhi Risiko Kelainan Endokrin, Begini Mencegahnya

Faktor Genetik Pengaruhi Risiko Kelainan Endokrin, Begini Mencegahnya

Written By admin on Minggu, 23 Juli 2017 | Juli 23, 2017


harian365.com - Sistem endokrin adalah sekelompok organ yang manfaat utamanya adalah menghasilkan serta melepaskan hormon-hormon untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Maka itu, sistem endokrin wajib senantiasa dijaga dalam kondisi baik.

Menurut dr. Indra Wijaya, Sp.PD, M.Kes, dokter spesialis penyakit dalam, sesungguhnya sistem endokrin pada setiap manusia rutin bermanfaat dengan baik, tetapi kadang tersedia kondisi tertentu semacam hal genetik serta hal lingkungan yang dapat mengganggu sistem endokrin tersebut.

"Itu yang sulit. Sehingga makanya kenapa kalau ada seseorang di keluarga menderita penyakit tiroid, keturunannya memiliki risiko penyakit tiroid, apabila ada seseorang kena diabetes maka keturunannya berisiko terkena diabetes," kata dr. Indra Wijaya, Sp.PD, M.Kes saat berbincang dengan harianhealth di Jakarta.

Diutarakan dokter berkacamata ini, walau hal keturunan tak dapat dihindari, tetapi berita baiknya ada berbagai hal risiko yang dapat dicegah dengan pola nasib yang sehat.


"Dengan mendapat info kesehatan yang benar, menjaga berat badan serta pola nasib sehat, penyakit tersebut diinginkan dapat dihindari" tutur dr. Indra dengan optimis.

Sebetulnya, tambah dr. Indra, pola makan alias diet sehat berlaku untuk semua pencegahan serta pengobatan penyakit. Artinya makan makanan yang sehat dengan mengurangi gorengan, santan, disertai konsumsi sayur serta buah-buahan untuk mencukupi keperluan serat serta vitamin.

"Makan juga nggak usah terlalu tinggi kalori, tinggi lemak. Diet sebanding saja. Itu juga dapat menjaga tubuh kami dari serangan penyakit serta juga untuk penyembuhan," pungkas dr Indra.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger