Home » , , , , , , , , , , » Cerita Para Petugas Panti Sosial Merawat Anak-anak Tunagrahita

Cerita Para Petugas Panti Sosial Merawat Anak-anak Tunagrahita

Written By admin on Senin, 31 Juli 2017 | Juli 31, 2017


harian365.com - Tunagrahita merupakan keadaan keterakhir-akhir mental alias biasa disebut retardasi mental. Penyandang tunagrahita biasanya mempunyai IQ (Intelegence Quotient) di bawah rata-rata anak normal jadi menyebabkan manfaat kecerdasan serta intelektualnya terganggu. Serta beberapa dari mereka juga dibarengi dengan keterbatasan fisik (disabilitas fisik).

Para penyandangan tunagrahita ini ditampung serta di bina di panti sosial, salah satunya Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Jl Peta Utara II, RT 02 RW 06, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat.

Tidak hanya persoalan mental, persoalan kesehatan pun kerap menyerang anak-anak penyandang tunagrahita ini. "Biasanya penyakit dalam, sebab waktu di luar dirinya suka jajan sembarang. Dari jalanan saja mereka telah sakit, semakin dikirim ke sini," ungkap staf layanan Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Asep, terhadap harianhealth, Minggu (30/7/2017).

Asep berbicara bahwa setiap ada persoalan kesehatan pada anak-anak penyandang tunagrahita di panti tersebut, mereka segera diperiksa di puskesmas alias dilarikan ke rumah sakit.


Persoalan kesehatan yang dikeluhkan anak-anak ini bukan hanya persoalan ringan, Asep menceritakan bahwa ada seorang anak yang mempunyai penyakit epilepsi, yaitu gangguan pada sistem saraf otak yang menyebabkan seseorang mengalami kejang-kejang.

"Kalau kejang-kejang dapat hingga jatuh semakin kepalanya berdarah. Ini bekas jahitannya, kalau hingga bocor kepalanya ya kami bawa ke rumah sakit," tutur Asep.

Selain itu, ada pula seorang anak yang nampak mempunyai sebuahbenjolan besar di tahap wajahnya sebelah kanan. "Kayaknya itu tumor, dirinya juga lagi diperiksa semakin ke rumah sakit," imbuhnya.


Beberapa persoalan kesehatan yang menyerang anak-anak penyandang tunagrahita ini tak membikin keceriaan mereka bertidak lebih. Mereka berpendapat kawan-kawannya sebagai saudara meskipun mereka mengaku tak jarang bertengkar.




Sumber : harianhealth


Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger