Home » , , , , , , , , , , » Bulu Hidung Lebat Pengaruhi Banyaknya Kotoran Hidung, Mitos atau Fakta?

Bulu Hidung Lebat Pengaruhi Banyaknya Kotoran Hidung, Mitos atau Fakta?

Written By admin on Selasa, 25 Juli 2017 | Juli 25, 2017


harian365.com - Sebagian orang tak jarang mengaitkan antara lebat alias tidaknya bulu hidung dengan jumlah kotoran hidung yang ada di dalam hidung. Konon, terus lebat bulu hidung seseorang maka bakal terus tak sedikit jumlah produksi kotoran hidungnya

Bulu hidung sendiri adalah istilah terkenal untuk menyebut rambut-rambut halus yang tumbuh di rongga hidung.

Lantas, apakah ada kaitannya antara bulu hidung yang lebat dengan tak sedikitnya kotoran hidung seseorang? Saat dihubungi via telepon oleh harianhealth baru-baru ini, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, dari dari D&I Skin Center Denpasar membicarakan bahwa pada dasarnya tak ada kaitan antara kedua faktor tersebut.

"Ini variasi tiap orang, kayak ada yang kumisnya tebel, ada yang tipis," tuturnya. 

Menurutnya, faktor ini dikarenakan pada dasarnya bulu hidung baik yang tipis maupun lebat mempunyai manfaat yang sama yakni untuk menyaring udara yang masuk.


Bulu hidung dengan cara garis besar bermanfaat untuk menyaring kotoran yang masuk ke dalam celah hidung. Kotoran yang tersaring kemudian bercampur dengan lendir yang diproduksi oleh membran mucus dalam hidung. Lama kelamaan, lendir bakal mengering yang kemudian bakal menghasilkan apa yang tak jarang disebut dengan upil.

Beberapa waktu lalu, dr Rusdian Mutlak Roieslani, SpTHT-KL dari RS Gandaria membicarakan beberapa faktor yang dapat membikin seseorang mempunyai tak sedikit kotoran hidung. Salah satunya sebab udara yang lembab jadi lendir cepat mengering, operasi sinus, alias sebab Rhinitis ozaena. Sedangkan untuk lebatnya bulu hidung, dr Rusdian tak menyinggung mengenai faktor itu.




Sumber : harianhealth


Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger