Home » , , , , , , , , , , , » Buddha Tidur dan Pagoda Setinggi 45 Meter di Semarang

Buddha Tidur dan Pagoda Setinggi 45 Meter di Semarang

Written By admin on Sabtu, 08 Juli 2017 | Juli 08, 2017


harian365.com - Pernah dengar nama Vihara Buddhagaya Watugong? Inilah vihara yang mempunyai patung Buddha tidur dan pagoda dengan tinggi 45 meter. Yuk lihat!

Semarang bunda kota Jawa Tengah terbukti mempunyai tidak sedikit tempat wisata luar biasa. Salah satunya adalah Vihara Buddhagaya Watugong yang di dalamnya tersedia Pagoda Avalokitesvara yang adalah Pagoda paling atas di Indonesia.

Semarang bunda kota Jawa Tengah terbukti mempunyai tidak sedikit tempat wisata luar biasa. Salah satunya adalah Vihara Buddhagaya Watugong yang di dalamnya tersedia Pagoda Avalokitesvara yang adalah Pagoda paling atas di Indonesia.

Saya yang sedang berada di kampong halaman tidak lupa mengunjungi Vihara ini. Walau letaknya agak jauh dari pusat kota tapi mudah sekali untuk di jangkau. Dengan memakai bus Trans Semarang kami menuju lokasi Vihara yang terletak di bukit paling atas Semarang. Cocoknya di kawasan Pudakpayung,Banyumanik. Dari halte kami berlangsung kurang lebih 10 menit menuju lokasi cocok berseberangan dengan Markas Kodam IV/Diponegoro.

Komplek Vihara Buddhagaya Watugong ini adalah Vihara pertama di Indonesia seusai Kerajaan Majapahit runtuh. Dengan luas hampir 2,5 hektar terdiri dari 2 bangunan mutlak adalah  Vihara Dhammasala dan Pagoda Avalokitesvara dan berbagai bangunan lain.

Pagoda ini berdiri anggun dan megah dengan tinggi 45 meter. Mempunyai 7 ruang tingkatan dengan arsitektur yang indah dan unik  terus keatas terus menyempit dengan dasar berbentuk sisi delapan. Dan tidak seorang pun diperbolehkan untuk memasuki ruang tingkatannya.

Disebut juga sebagai Pagoda Dewi Kwan Im sebab dalam setiap tingkatannya tersedia 4 buah patung Dewi Kwan Im menghadap ke 4 penjuru. Mulai di bangun pada tahun 2004 dengan bahan bangunan yang seluruhnya diimpor dari China. Pada tahun 2006 MURI sudah mensahkan Pagoda ini sebagai Pagoda paling atas dan teranggun di Indonesia.


Dalam Pagoda ini juga tersedia patung Bodhisattva Avalokiteswara berkapasitas raksasa yang menghiasi interior bangunan. Yang hebat disini umat Buddha dan pengunjung juga dapat meperbuat ritual untuk mengenal hidup manusia.

Sedangkan Vihara Dhammasala mulai dibuat pada tahun 1955 oleh sang pelopor kebangkitan Buddha Dhamma di nusantara adalah Bhikkhu Ashin Jinarakkhita bersama seorang dermawan asal Semarang Goei Thwan Ling yang menghibahkan sebagian tanah miliknya.

Bangunan lain yang dapat di temukan di komplek ini adalah Monumen Watugong,Patung Buddha di bawah pohon Bodhi,Patung Buddha tidur,kolam teratai,taman bacaan,Kuti Meditasi dan tetap tidak sedikit lagi. Tidak ada tiket masuk untuk memasuki kawasan Vihara ini tetapi kami dapat memberbagi donasi seikhlasnya sebagai pengunjung.




Sumber : hariantravel

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger