Home » , , , , , , , , , , , » Bolehkah Cabut Gigi Saat Sedang Haid? Ini Kata Dokter

Bolehkah Cabut Gigi Saat Sedang Haid? Ini Kata Dokter

Written By admin on Selasa, 04 Juli 2017 | Juli 04, 2017


harian365.com - Haid adalah salah satu siklus yang tentu dialami seorang wanita setiap bulannya. Tetapi tak sedikit berita yang menyatakan bahwa wanita yang sedang haid tak boleh meperbuat cabut gigi. Hmm, apa kata dokter soal ini?

Menurut Dr drg Rina Permatasari, SpKG pada dasarnya antara haid serta cabut gigi tak mempunyai kontraindikasi. Jadi diperbolehkan bagi wanita yang sedang haid untuk mencabut giginya.

"Nggak bakal peradangan kok kalau cabut gigi saat haid sebab kan ada teknik-teknik tertentu serta obat yang bisa menanggulangi juga," kata drg Rina dalam percakapan dengan harianhealth baru-baru ini.

drg Rina melanjutkan, kondisi gigi serta gusi wanita haid serta hamil disebut sama yaitu lebih sensitif. Sebab menurutnya pada saat itu wanita mempunyai perubahan naik-turunya hormonal.



"Saat gigi dicabut dari gusi yang sensitif tersebut bisa menyebabkan pembengkakan. Apalagi kalau bengkak serta kena bulu sikat bisa jadi infeksi," sambung dokter yang praktik di RS Pondok Indah Puri Indah ini.


Sementara dikutip dari womenshealthmag, menstruasi bisa memperkurang baik kondisi gusi wanita. Faktor ini berkaitan dengan naik-turunya kadar paling atas serta terendah hormon. 

Bahkan, suatu  studi baru yang diperbuat oleh para peneliti di Case Western Reserve University mengabarkan bahwa meskipun wanita sudah menjaga kesehatan mulutnya dengan baik, persoalan pada gusi bakal terjadi sebab pengaruh hormon. 

"Jaringan pada gusi mempunyai tak sedikit reseptor estrogen yang merespon fluktuasi hormonal," kata Susan Karabin, DDS dari American Academy of Periodontology. 




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger