Home » , , , , , , , , , , , » Berbagai Kondisi yang Bisa Memicu Hipokalemia Seperti Dialami Boni Hargens

Berbagai Kondisi yang Bisa Memicu Hipokalemia Seperti Dialami Boni Hargens

Written By admin on Kamis, 13 Juli 2017 | Juli 13, 2017


harian365.com - Pengamat politik Boni Hargens mengaku sedang mengalami hipokalemia saat timbul tuduhan 'sakau' dalam suatu  agenda live di tvOne. Ia juga sedang menjalani perawatan di rumah sakit terkait keadaannya tersebut.

Hipokalemia adalah kondisi kesehatan yang ditandai dengan kadar kalium, alias disebut juga potassium, yang rendah di dalam tubuh. Kondisi ini dapat disertai juga dengan penurunan kadar mineral tubuh lainnya, semacam natrium (sodium) dan kalsium.

Di dalam tubuh, mineral-mineral tersebut antara lain ditemukan dalam bentuk cairan elektrolit tubuh. Manfaatnya adalah menjaga sistem kelistipsan alias pertukaran ion tubuh, yang dibutuhkan supaya organ-organ tergolong otot dan jantung bermanfaat sebagaimana mestinya.

Ketidak lebihan elektrolit tubuh, pada titik tertentu dapat menyebabkan persoalan serius. Umpama pada kondisi hipokalemia, kadar kalium di bawah 2,5 mEq/L disebut dapat mengancam nyawa.


Mineral-mineral tubuh didapatkan dari asupan makanan sehari-hari. Kalium umpama, antara lain tak sedikit terkandung dalam buah pisang. Itu pula sebabnya, pisang tak sedikit dikonsumsi sebagai refreshment dalam olahraga berat, sebab ketidak lebihan kalium juga dapat menyebabkan kram otot.

Lalu apa saja yang menyebabkan kadar kalium bertidak lebih, sampai mengalami hipokalemia? Dirangkum harianhealth, berikut ini sebagian di antaranya.


1. Gangguan penyakit
Berbagai tipe penyakit kronis semacam gagal ginjal dapat menyebabkan kadar kalium lebih rendah dari angka normal. Demikian juga dengan persoalan pencernaan semacam muntah dan diare, yang membikin tubuh kehilangan tak sedikit cairan elektrolit.

2. Diet ketat
Obat-obat laksatif (pencahar) dan diuretik (peluruh kencing) tak jarang digunakan dalam diet untuk menurunkan berat badan dengan cara instan. Efek sampingnya adalah hilangnya tak sedikit cairan tubuh, yang disertai juga dengan hilangnya mineral tubuh tergolong kalium.

3. Keringat berlebih
Olahraga berat yang memicu keringat berlebih juga membikin mineral tubuh tak sedikit terbuang. Kram otot, salah satu penyebabnya adalah dehidrasi dan ketidak lebihan elektrolit tubuh.

4. Efek samping obat
Berbagai tipe obat-obatan semacam steroid dan teofilin untuk asma, disebut-sebut juga menurunkan kadar mineral tubuh. Demikian juga dengan penggunaan insulin pada pengidap diabetes. Antibiotik golongan aminoglikosida juga mempunyai efek samping serupa




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger