Home » , , , , , , , , , , , , » Begini Kemasan dan Iklan Jadul Indomie Tahun 1970-an, Penasaran?

Begini Kemasan dan Iklan Jadul Indomie Tahun 1970-an, Penasaran?

Written By admin on Rabu, 12 Juli 2017 | Juli 12, 2017


harian365.com - Hadir sejak 1972, kemasan Indomie selalu diganti dan diperbarui. Lalu bagaimana dengan kemasan pertamanya? Semacam apa tampilan dan varian rasa Indomie yang ditawarkan?

Indomie lekat dengan keseharian masyarakat Indonesia. Merek mie instan terkenal ini telah diproduksi sejak 9 September 1970. Tetapi pemasarannya ke konsumen baru bemula tahun 1972.

Merupakan PT. Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd., yang pertama kali memproduksi Indomie. Di awal kehadirannya Indomie hanya memperkenalkan dua rasa yaitu sari ayam (kini kaldu ayam) dan sari udang (kini kaldu udang).


Mie dibalut kemasan hebat pada zamannya. Dominasi warna merah dan kuning pada produk mie sari ayam dan warna kuning saja pada mie sari udang.

Nampak varian rasa diwakili ilustrasi fauna pada kemasannya yaitu anak ayam untuk mie sari ayam dan udang besar warna oranye untuk mie sari udang. Produk lalu diiklankan lewat pamflet dengan keterangan "Lezat dan Nikmat" dan "Praktis & Ekonomis."

Latar belakang pamflet sendiri berwarna hijau terang jadi terkesan kontras dengan warna kemasan Indomie saat itu. Ada juga tulisan di bawahnya, "Hematkanlah Waktu Kamu dengan Indomie. Indomie Makanan Nasional Penuh Gizi."

Sementara untuk iklan televisi, Indomie menampilkannya pertama kali tahun 1979. Konsepnya begitu unik dengan menampilkan komedian Bagio sebagai pemeran utama.


Tampak Bagio mengenakan kostum ayam kedatangan tak sedikit tamu yang memakai kostum budaya sampai badut. Bagio lalu memberi kode pada istrinya untuk membikin 10 mangkuk Indomie bagi tamunya.

Seiring berlangsungnya waktu, kemasan Indomie berevolusi lebih modern. Warnanya tak lagi terlalu terang dengan ilustrasi mie lebih hebat selera.

Pada 2009, umpama, kemasan Indomie Soto Mie berwarna hijau terang dengan tampilan mie memenuhi kemasan. Tapi pada 2014, warna hijau kemasan sedikit lebih muda dengan ilustrasi mie ada dalam mangkuk.



Nah, kalau Kamu mencari kemasan Indomie jadul datanglah ke PRJ. Dalam rangka menyambut ulang tahun ke-45, Indomie menjual Indomie Kaldu Ayam yang dijual tahun 1972, Indomie Kari Ayam dan Indomie Mie Goreng yang dijual tahun 1982.

Oia, Indomie bukan hanya terkenal di Indonesia. Di Saudi Arabia, Mesir, Malaysia, Australia, Amerika sampai Nigeria juga mudah menemukan Indomie.


Bahkan di Nigeria, warga setempat tak jarang mengira Indomie merupakan merek mie negara mereka. Di negara Afrika ini Indomie telah ada lebih dari 20 tahun lalu dengan pabrik berdiri di sana.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger