Home » , , , , , , , , , , » Beda Introvert Vs Ekstrovert Saat Mengalami Patah Hati

Beda Introvert Vs Ekstrovert Saat Mengalami Patah Hati

Written By admin on Minggu, 09 Juli 2017 | Juli 09, 2017


harian365.com - Kepribadian introvert serta ekstrovert bisa sangat memengaruhi respons seseorang ketika mengalami patah hati. Kepribadian ekstrovert cenderung lebih terbuka, sementara introvert lebih bahagia menyendiri.

Bona Sardo, MPSi, psikolog dari Universitas Indonesia berbicara patah hati adalah pengalaman yang tidak menyenangkan. Patah hati bisa terjadi ketika cinta bertepuk sebelah tangan ataupun menginginkan cinta tetapi orang tersebut telah mempunyai pasangan.

Secara sekilas, ekstrovert menurutnya lebih mudah menghadapi patah hati. Sebabnya, mereka jarang menyimpan beban serta cenderung mau bercerita soal persoalan yang sedang dihadapi, tergolong soal asmara serta patah hati.

"Kalau ekstrovert kan lebih terbuka dengan orang lain, dirinya bahagia curhat ke kawan-kawannya, nah dengan begini kan bakal bisa masukan. Jadinya menghadapi patah hati lebih gampang," tutur Bona terhadap harianhealth.

Di segi lain, orang dengan kepribadi introvert cenderung menyimpan perasaannya sendiri. Sebab itu mereka jarang menceritakan persoalan yang dihadapi, apalagi urusan asmara serta patah hati.

Dikatakan Bona, sebetulnya tidak apa-apa menjadi introvert. Yang wajib diperhatikan adalah apabila kepribadian introvert juga disertai dengan self-esteem rendah alias rendah diri.


"Kalau self-esteem rendah, kami sehingga berpikir tidak berharga. Cinta kami ditolak, kami langsung merasa diri kami jelek, kami yang salah serta kami tidak pantas dicintai. Ini yang nggak boleh serta berbahaya," paparnya lagi.

Self-esteem yang rendah menurut Bona rentan membikin seseorang menjadi depresi. Padahal depresi adalah salah satu tipe gangguan jiwa yang berbahaya sebab bisa memicu keinginan untuk bunuh diri apabila tidak ditangani.

"Makanya kami wajib bisa menghargai diri sendiri. Wajib ingat bahwa setiap diri kami berharga. Kami manusia yang punya kelebihan serta ketidak lebihan. Kalau kini ditolak ya nggak apa-apa, mungkin lain waktu baru bisa," tutupnya.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger