Home » , , , , , , , , , » Batuk-batuk Setelah Berhenti Merokok, Apa Sebabnya?

Batuk-batuk Setelah Berhenti Merokok, Apa Sebabnya?

Written By admin on Sabtu, 29 Juli 2017 | Juli 29, 2017


harian365.com - Ketika seseorang memutuskan untuk stop merokok kadang timbul berbagai gejala, salah satunya batuk-batuk. Tapi kenapa ya orang justru batuk seusai berhenti merokok?

Dijelaskan dokter spesialis paru, dr Rezki Tantular, SpP pada saat perokok tetap aktif, silia alias rambut halus yang menutupi permukaan epithel dari saluran napas menjadi rusak alias melambat kerjanya.

"Silia ini bermanfaat untuk mengeluarkan kotoran alias mukus alias dahak pada saluran napas yang sehat, jadi timbul refleks batuk ketika ada rangsangan alias kotoran yang wajib dibersihkan dari saluran napas," tutur dr Rezki.


Ketika perokok berhenti dari kebiasaannya, kemarin hari hingga berbagai minggu seusainya tergantung dari derajat kerusakan alias lama dari merokok bakal terjadi pembetulan dari manfaat silia tersebut.

"Pada saat silia tersebut mulai sehat kembali muncullah reaksi batuk yang justru didampakkan sebab penyembuhan alias pembetulan dari saluran napas mantan perokok," kata pria yang kegemaran gambargrafi itu.


Ayah dari dua orang putri itu berkata, untuk mengurangi reaksi batuk sebab berhenti merokok tersebut yang bisa diperbuat merupakan menjaga hidrasi tubuh.

"Dengan minum tak sedikit cairan dan menjaga kelembaban udara, umpama dengan bantuan 'humidifier' ruangan," ucap dr Rezki.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger