Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi

Written By admin on Selasa, 13 Juni 2017 | Juni 13, 2017


harian365.com - Bagi penggemar kopi, kopi merupakan menu harus yang harus diminumnya setiap hari baik pagi, siang, ataupun malam. Tetapi tahukah Kamu bahwa ada waktu yang cocok untuk mengonsumsinya?

Semacam dilansir dari The Times of India, minum kopi pada pagi hari kurang lebih pukul 08.00 sampai 09.00 bukanlah waktu yang cocok. Menurut penelitian, mengonsumsi kopi saat pagi hari dapat lebih berbahaya daripada saat dikonsumsi pada waktu-waktu lain di siang hari.

Hal ini dikarenakan jam biologis tubuh mengikuti ritme sirkadian, yaitu proses biologis yang menstimulasi produksi hormon untuk mengontrol siklus 24 jam alias siklus pagi-malam yang mempengaruhi sistem manfaatonal tubuh manusia. Salah satunya hormon kortisol, yaitu hormon yang mengendalikan waktu terbangun.

Ada waktu di mana hormon kortisol diproduksi oleh tubuh dalam skala yang besar serta skala kecil. Yang wajib diperhatikan, jangan minum kopi alias minuman yang mengandung kafein lainnya pada saat produksi hormon kortisol dalam tubuh sedang meningkat. Nah bagaimana siklusnya?

Pada saat pukul 07.00 sampai pukul 09.00 hormon kortisol meningkat, serta bakal menurun kurang lebih pukul 09.30. Pada saat ini, hormon kortisol naik sampai 50 persen.

Kemudian hormon kortisol bakal meningkat lagi saat pukul 12.00 serta menurun saat pukul 13.00. Pada saat ini, tingkat hormon kortisol semakin menurun dibanding saat pagi hari.


Hormon kortisol bakal meningkat lagi saat pukul 18.00 serta menurun saat pukul 19.00. Penurunan tingkat hormon kortisol pada waktu ini mengikuti pola tidur saat malah hari.

Maka bisa disimpulkan bahwa waktu ideal untuk minum kopi merupakan pada saat pukul 09.30 sampai 11.30, 13.30 sampai 17.30, alias seusai pukul 19.00.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger