Home » , , , , , , , , , , » Terbangun Tengah Malam dan Lapar? Ini Efek Negatif Makan Larut Malam

Terbangun Tengah Malam dan Lapar? Ini Efek Negatif Makan Larut Malam

Written By admin on Selasa, 27 Juni 2017 | Juni 27, 2017


harian365.com - Mungkin terbiasa sahur alias bergadang, hari-kali ini Kamu tetap tersadar tengah malam serta lapar. Sebaiknya perhatikan risiko kesehatan apabila tak jarang makan tengah malam. 

Satu penelitian dari Perelman School of Medicine di University of Pennyslvania menemukan bahwa makan di tengah malam bisa menambah kadar glukosa serta insulin. Keduanya adalah penyebab diabetes jenis 2. 

Dikutip dari Telegraph (06/17), penelitian ini menunjukkan bahwa peserta yang makan di malam hari tak hanya mengalami kenaikan berat badan, tapi juga kadar insulin, glukosa, serta kolestrol.


1. Mempengaruhi daya ingat 
Menurut peneliti di Amerika, makan tengah malam bisa berakibat negatif pada ingatan Anda. Studi ini berasal dari Univesity of California, yang menemukan bahwa makan pada jam yang tak teratur, semacam larut malam, mempunyai potensi untuk mempengaruhi manfaat kognitif pada otak. 

2. Mimpi kurang baik 
Pada tahun 2015, sepasang psikolog asal Kanada menyelidiki apakah kebiasaan makan orang punya efek negatif pada pola tidur terutama mimpi. Tore Nielsen serta Rusell Powell kemudian meminta hampir 400 mahasiswa untuk mengisi kuesioner mengenai pengalaman makan, tidur, serta mimpi.

Hasilnya menunjukkan bahwa 18% ada indikasi makanan bisa berpengaruh pada mimpi seseorang. Nielsen serta Powell menemukan bahwa makan larut malam juga mennjadi penyebab mimpi kurang baik. Sebab ngemil larut malam tak jarangkali menyebabkan ketidakenjoyan gastrointestinal yang menyebabkan sulit tidur. 


3. Risiko terkena serangan jantung 
Para pakar sudah menemukan bahwa makan malam seusai jam 7 malam bisa menambah risiko menderita serangan jantung. Peneliti dari Universitas Dokuz Eyl├╝l meneliti lebih dari 700 orang dewasa dengan tekanan darah tinggi untuk mengenal apakah waktu makan yang tidak sama, membikin perbedaan pada kesehatan mereka. 

Mereka menemukan bahwa makan di tengah malam mempunyai akibat paling signifikan pada tekanan darah. Faktor ini bisa menambah risiko terkena serangan jantung.

4. Menyebabkan asam lambung 
Menurut para ahli, makan larut malam (khususnya makanan berat) serta bakal tertidur tidak lama kemudian adalah penyumbang mutlak meningkatnya asam lambung alias acid reflux. Sebab perut memerlukan berbagai jam untuk kosong seusai makan. Saat Kamu tidur, asam lambung meningkat sebab perut tetap dalam kondisi penuh serta kenyang. 


5. Membikin perut lebih cepat lapar 
Makan larut malam bisa membikin Kamu merasa lapar daripada biasanya saat Kamu bangun pagi. Sebab meningkatnya insulin seusai makan. Makan di tengah malam menghasilkan lebih tak sedikit glukosa yang memicu hormon yang disebut 'ghrelin', yang memicu rasa lapar. 

Ghrelin adalah hormon alamiah yang timbul antara jam 8 malam sampai jam 8 pagi. Apabila kamu makan di malam hari siklusnya bakal masih sama tetapi memicu rasa lapar lebih tinggi dari biasanya yang bisa sebabkan naiknya berat badan.





Sumber : harianfood

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger