Home » , , , , , , , , , , , » Telat Bangun untuk Sahur? Ini Pilihan Menu Ringkas dan Bergizi

Telat Bangun untuk Sahur? Ini Pilihan Menu Ringkas dan Bergizi

Written By admin on Selasa, 06 Juni 2017 | Juni 06, 2017


harian365.com - Telat bangun sahur dan telah mendekati waktu imsak? Jangan panik. Empat menu makanan ini walau simpel disiapkan tetapi kualitas gizinya lumayan tinggi lho.

Kuncinya, menu makanan wajiblah yang susah dicerna dalam waktu pendek dan mempunyai kandungan gizi seimbang. Sebab itu makanan semacam mie instan alias makanan siap saji lainnya tak dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur sebab mengangdung indeks glikemik tinggi jadi mudah dicerna.

Nah, dirangkum harianhealth, berikut berbagai makanan dan minuman yang mempunyai proses cerna alias rasa kenyang yang lebih lama jadi tepat dikonsumsi ketika waktu sahur tinggal sedikit:



1. Susu

dr A.R. Inge Permadhi, MS, SpGK dari Departemen Ilmu Gizi FKUI berbicara bahwa susu adalah minuman yang sanggup membikin perut terasa kenyang. Susu menurut dr Inge, mengandung kalsium, karbohidrat serta juga tak sedikit mineral berguna lainnya.

"Minum susu juga baik sekali. Sebab susu bisa membikin lambung lebih cepat kenyang serta berenergi," ujarnya.



2. Buah berserat tinggi

Buah-buahan berserat tinggi semacam anggur, pir serta apel adalah menu yang cocok saat waktu sahur tinggal sedikit. Sebabnya, serat yang tinggi membikin proses pencernaannya berlangsung lebih lambat daripada biasanya.

"Buah-buahan tersebut terbukti benar bisa menolong tubuh supaya tidak mudah lapar. Sebab buah-buahan itu mempunyai serat yang tinggi. Lebih baik untuk memakan buah tersebut beserta dengan kulitnya, khususnya untuk buah apel, pir, serta anggur. Untuk jeruk makanlah dengan serat buahnya yang berwarna putih," ujarnya.



3. Oatmeal

Oatmeal adalah solusi bagi keperluan karbohidrat saat waktu mendesak. Hanya perlu waktu 10-15 Menit, oatmeal telah siap disantap. Oatmeal juga tergolong makanan yang cocok bagi sahur sebab tidak hanya ada karbohidrat, kandungan seratnya juga lumayan tinggi.

"Makan oatmeal terbaik, umpama sisa waktu imsak tinggal 10 menit ya makan oatmeal saja. Oatmeal mengandung karbohidrat rumit serta tak sedikit serat. Oatmeal juga dapat dikonsumsi dengan tutorial dicampur buah-buahan," pesan dr Herry Djagat Purnomo, SpPD-KGEH, dari RS Dr Kariadi Semarang.



4. Kacang-kacangan

Selain buah, makanan lain yang memiliki serat yang tinggi merupakan sayur serta kacang-kacangan. Sayur khususnya sayur hijau semacam bayam serta kangkung bisa sehingga pilihan menu saat sahur. Sementara kacang-kacangan semacam olahan kacang kedelai, kacang panjang serta lainnya sama baiknya semacam sayur.

"Jangan lupa tak sedikit minum air putih. Sebab serat apabila digabungkan dengan air bakal mengental semacam supaya alias gel yang bisa mengembang di dalam lambung. Inilah yang membikin perut bakal menjadi kenyang seharian. Sebab serat ini bakal masuk ke dalam ajaran darah dengan tutorial perlahan," sambung dr Inge.






Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger