Home » , , , , , , » Tak Semudah di Bumi, Proyek Tempe ke Antariksa Pernah Gagal

Tak Semudah di Bumi, Proyek Tempe ke Antariksa Pernah Gagal

Written By admin on Sabtu, 17 Juni 2017 | Juni 17, 2017


harian365.com - Eksperimen untuk menumbuhkan tempe di luar antariksa nyatanya tidak semudah semacam yang diperbuat di bumi. Tim proyek dari SMA Unggul Del bahkan sempat gagal berbagai kali sebelum akhirnya penelitian berhasil diluncurkan ke antariksa.

Sebelumnya, pelajar SMA Unggul Del berhasil meneliti tumbuhnya ragi di luar angkasa. Tidak berhenti di situ, proyek pun dilanjutkan untuk fermentasi kedelai. Hari ini tim peneliti ingin membuktikan apakah kedelai dapat terfermentasi lebih cepat di luar antariksa daripada di bumi.


Jalannya eksperimen nyatanya tidaklah gampang. Tim proyek yang terdiri atas empat kelompok: sains, elektipsal, pemrograman, serta mekanikal berbagai kali terkena kendala khususnya dalam memikirkan upaya supaya kedelai tak busuk.


"Ada tak sedikit. Kalau misalkan failed nya di pengukuran berapa tak sedikit air itu ada berbagai kali. Kayaknya ada puluhan. Sebetulnya agak sulit mikirnya kan bagaimana agar kedelainya tak basi hingga di sana (luar angkasa). Itu pikirnya lama. Gimana nyampenya kering tak busuk," ungkap Putry Yosefa Siboro, anak buah tim proyek di SMA Unggulan Del, Toba Samosir, Sumatera Utara, Jumat (16/6/2017).


Selama Oktober sampai November 2016, tim proyek semakin berkutat memikirkan metode supaya pertumbuhan tempe dapat optimal di keadaan gravitasi hampir mendekati nol. 

"Itu telah diperbuat berkali-kali bagaimana meningkatkankan air supaya fermentasinya cukup, berapa tak sedikit air yang dibutuhkan, berapa tak sedikit ragi yg dibutuhkan supaya pertumbuhannya optimal," ungkap Putry Yosefa Siboro yang juga adalah mahasiswa Institut Teknologi Del. 


Perdebatan selagi proses penelitian juga tidak bisa dihindari. Namun, kata Putry, berkah kekompakan tim, penelitian akhirnya bisa rampung. Modul eksperimen pun sukses diluncurkan pada Minggu (4/6/2017).

Hingga saat ini, tim proyek semakin meperbuat pemantauan perkembangan tempe di luar antariksa melewati gambar yang dikirimkan oleh NASA. 






Sumber ; harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger