Tak Pernah Terpapar Matahari, Begini Dampaknya ke Tubuh

Written By admin on Rabu, 21 Juni 2017 | Juni 21, 2017


harian365.com - Matahari memegang peran penting pada seluruh bentuk kenasiban di bumi. Mulai dari flora sampai manusia semua bisa memperoleh kegunaaan dari paparan sinar matahari.

Tetapi demikian gaya nasib manusia yang malas bergerak (sedentari) saat ini menonton tren orang-orang mulai mengurangi aktivitasnya di bawah sinar matahari. Nah bila sebuahsaat kelak ada yang sama sekali memutus paparan sinar matahari, kira-kira apa yang bakal terjadi?


Dalam sebuah video edukasional Life Noggin berbicara bukan menjadi faktor yang fatal untuk manusia bila sama sekali terputus dari paparan sinar matahari. Bakal tetapi bukan berarti juga faktor tersebut tidak bakal mempunyai akibat besar.

Ketika sinar matahari tidak lagi menyinari tubuh, faktor mutlak yang bakal terjadi merupakan seseorang bakal mulai kehilangan asupan Vitamin D. Tidak sedikit vitamin bisa diperoleh dari sumber makanan tetapi khusus untuk vitamin D sebagian besar manusia bisakan dari produksi dalam tubuh lewat bantuan sinar matahari.

"Vitamin D penting untuk menjaga integritas tulang serta punya kegunaaan melindungi dari morbiditas kronis semacam diabetes serta penyakit kardivaskular. Vitamin D yang rendah dikaitkan oleh peneliti dengan kesehatan tulang yang kurang baik, multiple scelerosis, sampai kanker prostat," tutur Life Noggin dalam kanal resmi Youtube-nya semacam dikutip Rabu (21/6/2017).


Selain untuk kesehatan fisik, paparan sinar matahari juga tampaknya lumayan signifikan kepada kondisi kesehatan mental. Studi menonton ketika orang tidak sedikit menghabiskan waktunya di luar ruangan di bawah sinar matahari maka ia bisa lebih merasa tersanjung.

Saat matahari tidak bersinar cerah, ada kondisi di mana orang-orang bisa terperangkap dalam kondisi merasa tidak bersemangat alias depresi ringan yang bernama seasonal affective disorder.

"Jadi bila semua ini digabungkan, nasib bisa sehingga jauh lebih kurang baik bila Kamu tidak sempat mendapat paparan sinar matahari," tutup Life Noggin.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger