Home » , , , , , , , , , » Tak Berbisa, Begini Cara Ular 'Serigala' Jenis Baru Bertahan Hidup

Tak Berbisa, Begini Cara Ular 'Serigala' Jenis Baru Bertahan Hidup

Written By admin on Selasa, 20 Juni 2017 | Juni 20, 2017


harian365.com - Meski kerap disebut ular 'serigala' rupanya Lycodon adalah spesies ular yang tidak berbahaya. Lycodon, tergolong Lycodon sidiki, tidak punya dapat ataupun lilitan kuat untuk membunuh mangsanya. 

Lalu bagaimana tutorial Lycodon sidiki bersi kukuh nasib serta menghindari bahaya? 

Kepala Laboratorium Herpitologi Puslit Biologi LIPI Amir Hamidy membahas, khusus untuk Lycodon sidiki yang baru saja ia temukan dengan 3 rekannya yang lain, ular tersebut menghindari bahaya dengan memiripkan diri menjadi ular berbisa. 


"Kalau tipe ini tidak punya dapat. Tipe ini sebenarnya tidak berbahaya. Hanya saja tipe ini punya kemiripan dengan tipe ular berbisa untuk bersi kukuh nasib, contohnya Bungarus candidus alias ular weling," tutur Amir saat dikonfirmasi harianhot, Selasa (20/6/2017). 

"Jadi dirinya berperilaku menyerupai si Bungarus candidus. Padahal dirinya sendiri tidak berbisa, hanya si Bungarus candidus ini sangat berbisa sekali, dirinya berperilaku menyerupai itu, warnanya juga. Itu salah satu taktik dia," jelasnya. 


Menurut Amir, tidak semua ular di genus Lycodon memiripkan diri untuk menghindari bahaya. Hanya ada berbagai spesies saja yang di antaranya Lycodon sidiki. 

"Tidak semua. Salah satunya sidiki ini," ungkapnya. 

Lycodon sidiki ditemukan di sungai di kawasan Takengon, Aceh, oleh Amir serta 3 rekan sepenelitiannya yakni yakni Elijah Wostl, Nia Kurniawan, serta Eric N Smith. Hasil penelitian mereka sekarang terbit menjadi jurnal internasional. 

Terkait istilah ular 'serigala', menurut Amir itu hanya istilah yang diberbagi oleh orang Inggris. Justru genus Lycodon pada dasarnya tidak mempunyai gigi taring. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger