Home » , , , , , , , , » Shock Berkepanjangan, Korban Persekusi Butuh Trauma Healing

Shock Berkepanjangan, Korban Persekusi Butuh Trauma Healing

Written By admin on Minggu, 04 Juni 2017 | Juni 04, 2017


harian365.com - Ketika korban persekusi alias momen traumatis lainnya mengalami shock, maka para psikolog bisa memberbagi apa yang disebut pertolongan pertama psikologis alias Psychological First Aid (PFA). Tujuannya supaya reaksi shock bisa dikendalikan jadi tidak menjadi trauma yang lebih kurang baik.

Tetapi bila korban dibiarkan begitu saja, ada kemungkinan untuk dirinya tidak bakal membaik walau kejadian telah lama lewat.

Psikolog anak serta remaja Reneta Kristiani, MPsi, dari Klinik Pelangi berbicara pada saat itu maka korban membutuhkan apa yang disebut trauma healing. Konseling diberbagi intensif serta melibatkan beberapa macam pihak.

Umpama saja pada permasalahan remaja 15 tahun di Jakarta Timur yang baru-baru ini dilaporkan dipersekusi oleh sekelompok orang, bila kemudian ia mengalami trauma maka butuh ada bantuan dari pihak keluarga, sekolah, media, serta juga masyarakat.

"Remaja ini kan mikirin bagaimana pendapat orang lain mengenai dia, jadi mungkin bisa merasa malu takut berteman lagi. Yang tentu bakal ada akibat psikologisnya serta butuh kerjasama semua pihak," kata Reneta terhadap harianhealth pada Sabtu (3/6/2017).


Menurut Reneta trauma healing pada intinya merupakan bagaimana mengembalikan performa serta kepercayaan diri korban sampai bisa kembali ke masyarakat. Prosesnya tidak mudah serta bisa membutuhkan waktu lama sampai bertahun-tahun.

"Adanya penerimaan dari masyarakat serta keluarga itu paling penting untuk menolong korban cepat pulih. Lihat segi positifnya korban punya kelebihan ini-ini, semakin sebut dirinya survivor sebab sukses bangkit dari pengalaman kurang baik," papar Reneta.

"Apapun itu (metode) prosesnya terbukti enggak mudah sebab meninggalkan luka dalam. Beda dari luka fisik," pungkas Reneta.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger