Home » , , , , , , , » Selain Nama Gaj Ahmada, Wajah Gajah Mada pun Ada Versi Lain

Selain Nama Gaj Ahmada, Wajah Gajah Mada pun Ada Versi Lain

Written By admin on Sabtu, 17 Juni 2017 | Juni 17, 2017


harian365.com - Nama Mahapatih Majapahit Gajah Mada ditulis Gaj Ahmada menjadi viral di media sosial. Rupanya tidak hanya nama yang tak sama, perdiksi bentuk tubuh serta wajah Gajah Mada pun ada lain versi.

Wajah Gajah Mada yang selagi ini timbul disesuaikan dengan buku tulisan M Yamin tahun 1945 berjudul 'Gajah Mada: Pahlawan Persatuan Nusantara'. Namun ada versi lain dari wajahnya semacam dalam buku 'Gajah Mada: Biografi Politik' tulisan Agus Aris Munandar.


Gajah Mada difotokan sebagai sosok yang berbadan tegap, berambut ikal, dengan kumis yang melintang. Agus memperoleh sosok itu dari arca yang ditemukan di Trenggalek dengan rangka tahun 1357. Sementara itu M Yamin dalam bukunya menyebutkan bahwa sketsa wajah Gajah Mada sesuai dengan temuan berupa gerabah. 

ain lagi dengan wajah Gajah Mada yang ada di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan. Di sana wajah Sang Mahapatih sehingga mirip rupa Bapak Brimob Komjen (Purn) M Jasin.


Ada pula wajah Gajah Mada yang tersedia di Pendopo Agung Trowulan, Jawa Timur. Di sana Gajah Mada difotokan sebagai sosok yang mempunyai rambut panjang, sorot mata yang tajam, dagu serta tulang pipi yang menonjol. Salah seorang penjaga Pendopo Agung, Muntolib berbicara patung setengah badan itu dibuat oleh Korps Polisi Militer serta diresmikan oleh Komadan Pusat Polisi Militer Brigjen TNI Sardjono pada 22 Juni 1986.


Selama ini terbukti wajah Gajah Mada hanya direka-reka saja. Keterbatasan teknologi pada masa itu membikin proses perekaman menjadi minim. 




Sumber : sumberhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger