Home » , , , , , , , , , , » Sampai Kapan Pemerintah Moratorium Penerimaan PNS?

Sampai Kapan Pemerintah Moratorium Penerimaan PNS?

Written By admin on Selasa, 06 Juni 2017 | Juni 06, 2017


harian365.com - Rendahnya nilai Aparatur Sipil Negara (ASN), semacam Pegawai Negeri Sipil (PNS), membikin tidak sedikit instansi tidak dapat bekerja maksimal. Biaya instansi atau lembaganya habis, tetapi hasil kerjanya tidak tidak sedikit dirasakan masyarakat.

Di segi lain, biaya negara untuk bayar gaji PNS semakin meningkat setiap tahunnya. Yang artinya, beban negara semakin meningkat, tetapi tidak dibarengi dengan peningkatan nilai pelayanan terhadap masyarakat yang sepadan.

Menonton fenomena tersebut, pemerintah sejak 2 tahun terbaru, mengambil langkah untuk menutup atau meperbuat moratorium penerimaan PNS. Hingga kapan kebijakan ini berjalan?

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Asman Abnur berkata, moratorium yang diterapkan pemerintah, lebih pada penerimaan PNS yang sifatnya administratif.

Administratif artinya, hanya mempunyai performa surat menyurat tanpa mempunyai keterampilan khusus. Jumlah PNS semacam ini, kata Asma, telah terlalu tidak sedikit.

"Kurang lebih 62% PNS kami itu performaya adminsitratif. Kalau kami terima lagi, bakal numpuk," kata Asman saat berbincang dengan harianhot di Kantornya, Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Moratorium untuk kelompok PNS ini rencananya bakal diperbuat semakin hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Tetapi jangan khawatir, di lain pihak, pemerintah tetap membuka peluang berkarir menjadi PNS untuk sejumlah bidang pekerjaan yang membutuhkan keterampilan khusus.


"Yang moratorium itu tenaga administratif, tapi kalau formasi khusus kami buka. Semacam tenaga kesehatan, pertanian, guru, penjaga lapas, hakim serta peneliti," tambahnya.

Menurut data Badan Kepegawaian Negara (BKN), hingga akhir 2015, jumlah PNS tercatat setidak sedikit 4.498.643. Dari jumlah itu, 20,94% adalah PNS di tingkat pusat serta 79,06% adalah PNS di pemerintah daerah.

Dari total jumlah PNS itu, setidak sedikit 62%-nya adalah PNS administratif atau hanya menguasai urusan surat menyurat. Untuk menanggulanginya, sekarang Kementerian PAN RB tengah meperbuat penataan.




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger