Home » , , , , , , , , » Sakit Punggung Karena Berjam-jam Perjalanan Mudik? Coba Lakukan Hal Ini

Sakit Punggung Karena Berjam-jam Perjalanan Mudik? Coba Lakukan Hal Ini

Written By admin on Kamis, 22 Juni 2017 | Juni 22, 2017


harian365.com - Perjalanan mudik yang memakan waktu berjam-jam tentu memunculkan kelelahan, apalagi yang diperbuat selagi perjalanan panjang hanya duduk saja. Faktor tersebut menyebabkan tubuh merasa pegal-pegal khususnya di tahap punggung.

Pemudik tak sedikit yang mengeluhkan sakit punggung saat perjalanan mudik. Dilansir dari Spine-health, ini berbagai faktor yang bisa kalian perbuat ketika sakit punggung menyerang kala mudik:

1. Buatlah posisi duduk seenjoy mungkin 

Duduk dengan enjoy bisa mengurangi rasa pegal-pegal, khususnya di tahap punggung. Pastikan dompet, handphone, alias apapun di saku belakang, sebab bisa menyebabkan tulang belakang tak sejajar.

Pastikan posisi duduk tegak lurus dengan lutut sedikit lebih tinggi dari pinggul. Kemudian punggung sejajarkan dengan tahap belakang tempat duduk. Alias bisa gunakan bantalan khusus untuk punggung.

2. Keluar dari mobil dan bergerak

Tulang belakang dirancang untuk bergerak. Duduk dalam satu posisi bakal menegangkan otot punggung dan bisa menyebabkan rasa sakit dan kejang otot. Oleh sebab itu, baiknya setiap dua jam sekali wajib berhenti untuk istirahat sejenak kurang lebih 30 menit.

"Kalau memungkinkan keluar, keliling saja sebentar. Dengan demikian membikin ajaran darah menjadi lebih baik," ucap dokter spesialis kedokteran dr Michael Triangto, SpKO semacam sempat dikabarkan harianhealth sebelumnya.

Saat terjebak kemacetan juga disarankan untuk meperbuat peregangan di tempat duduk. Bahkan gerakan 10 detik dan peregangan lebih baik daripada duduk diam. Minimal atur kursi dan ubah posisi duduk minimal setiap 15 hingga 20 menit sekali. 


3. Kompres punggung dengan es dan hangatkan otot

Tidak ada salahnya untuk mengangkat kemasan berisi es untuk mengompres tahap punggung ketika mulai merasa nyeri alias pegal. Faktor ini bisa mengurangi peradangan dan rasa sakit yang berlebih.

Atau bisa memberbagi rasa hangat pada punggung dengan balsam alias sandaran kursi yang mempunyai efek menghangatkan bisa dipakai untuk menjaga otot punggung masih hangat dan bisa mengurangi pegal dan nyeri.

4. Sediakan hiburan

Bagaimanapun hiburan jelas bisa mengalihkan pikiran dari rasa pegal dan nyeri selagi dalam perjalanan. Cobalah untuk mendengarkan musik, melihat film, alias membaca buku. Tak hanya itu, mengangkat beraneka ragam permainan yang bisa di perbuat di dalam kendaraan bisa membikin suasana ceria dan hilang rasa pegal.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger