Home » , , , , , , , » Riset: Anak yang Lahir dari Ayah Berusia Lebih Tua Cenderung Lebih Pandai

Riset: Anak yang Lahir dari Ayah Berusia Lebih Tua Cenderung Lebih Pandai

Written By admin on Minggu, 25 Juni 2017 | Juni 25, 2017


harian365.com - Seusai sekian lama, aktor George Clooney akhirnya punya anak. Hari ini dari istri keduanya, Amal. Tetapi usia Clooney saat menyambut buah hatinya sekarang telah mencapai 56 tahun.

Tak pelak ini memunculkan kekhawatiran tersendiri. Studi-studi sebelumnya menyebut anak-anak dari ayah berumur matang berkesempatan lebih tinggi untuk mengalami autisme serta skizofrenia. 

Tetapi penelitian terakhir menyebut anak dari ayah berumur matang juga mempunyai keuntungan tersendiri.

Magdalena Janecka dari Seaver Autism Center, Icahn School of Medicine, Mount Sinai, New York City serta timnya menemukan, anak laki-laki yang lahir dari ayah berumur lebih tua cenderung tumbuh menjadi anak dengan tingkat intelijensi lebih tinggi dari anak-anak sebayanya.

Fakta ini diperoleh seusai peneliti memantau 15.000 pasang anak kembar yang mengikuti tes online untuk mengenal IQ, performa fokus serta performa penyesuaian mereka di tengah masyarakat. Peneliti kemudian mentepatkannya dengan info yang didapat dari orang tua mereka.

Tak hanya lebih pandai, anak-anak yang lahir saat usia ayah mereka lebih matang juga cenderung lebih dapat fokus serta pandai beradaptasi. Kesemua sudut tersebut bakal mempermudah mereka di sekolah maupun saat berkarir kelak.

Menurut Janecka, ini sebab ayah yang lebih matang usianya biasanya juga mempunyai karir yang stabil serta lebih mapan dengan cara finansial daripada ayah yang usianya lebih muda. Dengan begitu, anak-anak mereka mempunyai jalan masuk ke sekolah yang lebih baik.


Lantas, kaitannya dengan risiko autisme pada anak dari ayah berumur matang, Janecka menganggap nampaknya terbukti ada sejumlah gen yang berkaitan dengan IQ serta risiko autisme.

"Mungkin kalau 'dosis' gennya lebih tak sedikit, si anak mempunyai risiko autisme yang lebih besar. Makanya ada riset-riset lain yang menunjukan bahwa gen di balik kondisi autisme juga berkaitan dengan IQ tinggi," terangnya semacam dilaporkan Science Daily.




Sumber : harianhealrh

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger