Pemudik Masih Padati Terminal Kampung Rambutan

Written By admin on Minggu, 25 Juni 2017 | Juni 25, 2017


harian365.com - Sejumlah pemudik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, baru kali ini bakal meperbuat perjalanan. Mereka punya argumen tersendiri pulang kali ini.

Pantauan hariantravel di Terminal Kampung Rambutan, Minggu (25/6/2017), siang, pemudik tetap tak sedikit yang berdatangan ke terminal ini. Sebagian beristirahat di ruang tunggu serta di halaman bus sambil menantikan kedatangan bus tujuan.

Ada beberapa argumen mengapa pemudik baru pulang kali ini. Mulai soal baru mendapat jatah libur, kebiasaan, sampai terpaksa. Sertai (51), umpama, karyawan swasta di Jaksel, mengaku terbukti telah menjadi kebiasaan baginya mudik pada hari Lebaran ke Tasikmalaya.

"Iya, menjadi acara tahunan di keluarga saya, tahun lalu di Jakarta, tahun ini di Tasikmalaya, keluarga istri sebagian besar di sana," ucap bapak tiga anak ini.


Alasan Sertai tak sama dengan pemudik lainnya, Sarmiwato (56), yang hendak mudik ke Pati, Jawa Timur. Sarmiwoto bersama istri serta seorang cucunya pergi untuk bersilaturahmi sekaligus menjenguk saudari iparnya yang tengah sakit keras.

"Iya, terpaksa, sebab kakak istri sedang sakit keras. Silaturahmi sekaligus menjenguk keluarga. Sulit nggak punya duit, sulit nasib di Jakarta. Dulu sebelum masa krismon hampir tiap tahun pulang, malah dapat hingga 3 kali, kini nggak dapat," kata Sertai bercerita terhadap hariantravel.

Para pemudik berharap dapat hingga tujuan dengan cocok waktu. Terlebih Pak Jajang (55), yang pernah merasakan lelahnya 22 jam perjalanan menuju Garut dari Jakarta.

"Terparah dua tahun lalu, sejak di tol arah Bintaro macet total. Kami 22 jam di perjalanan pakai bus. Kami semua stres, suntuk di jalan, apalagi anak-anak tetap kecil serta sewot sekali. Menangis semakin," keluhnya.


Menurutnya, sekarang fasilitas yang disediakan pemerintah lebih keren dibandingkan sebelumnya. 

"Sejauh ini baik-baik saja, semua gampang di jalan masuk sih," katanya.

Berdasarkan data kantor Terminal Bus AKAP Kampung Rambutan, tercatat jumlah penumpang yang pergi sejak Sabtu (24/6), H-10 Lebaran setidak sedikit 379 bus dengan 9.453 orang yang telah diberangkatkan dari terminal ini.


Sementara pada hari pertama Lebaran ini, sampai pukul 14.00 WIB tercatat setidak sedikit 106 bus serta 2.794 penumpang yang berangkat. Lalu ada 77 bus serta 3.030 penumpang yang tiba. Data tersebut menunjukkan jumlah pemudik menurun dari puncak arus mudik yang jatuh pada 22 Juni lalu sebesar 17.465 penumpang. 




Sumber : hariantravel

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger