Home » , , , , , , » Pasal RUU Terorisme Harus Bisa Matikan Ideologi Teroris

Pasal RUU Terorisme Harus Bisa Matikan Ideologi Teroris

Written By admin on Sabtu, 03 Juni 2017 | Juni 03, 2017


harian365.com - Peneliti Kajian Strategis Intelijen UI, Ridlwan Habib menyebut revisi UU Terorisme yang bakal digolkan wajib bisa mematikan ideologi teroris. Menurutnya, selagi ini Undang-Undang mengenai terorisme hanya mengatur penindakan saja.

"Saya kira kami wajib menemukan apa center of gravity terorisme, apa yang membikinnya tetap ada," ucap Ridlwan dalam diskusi Polemik SindoTrijaya di Warung Daun, Jakarta Pusat, Sabtu (3/6/2017). 

Ridlwan lalu menyatakan data soal penangkapan teroris dari tahun ke tahun. Dirinya mengatakan, tidak sedikit teroris yang sudah ditangkap tetapi serangan demi serangan teror semakin menghantui Indonesia. Dirinya lalu memberi contoh serangan bom Kampung Melayu baru-baru ini yang disebutnya tergerak dari suatu  ideologi.

"Kampung Melayu ini menjalin kontak juga dengan Aman Abdurrahman di Nusakambangan. Sekelas penjara ideologinya tetap ada. Pertanyaannya, apakah pasal itu bisa mematikan apinya?" sebut dia.

Oleh sebabnya, Ridlwan berpandangan upaya penangkapan ataupun perbuatan represif tetap tidak lebih cocok dalam menangani teroris sampai ke akar rumput. Bahkan, upaya tersebut bisa memunculkan perbuatan balas dendam dari teroris lain. 

"Penangkapan bukan solusi, kalau represif bisa memicu semangat balas dendam. Permasalahan di Lampung 2010, Wahono, dirinya gagal menikah, adiknya menggantikan menikah. (Wahono) dibawa ke Jakarta, diinterogasi, di Lampung, statusnya gagal menikah. Wahono ini viral serta menjadi bahan bakar yang lain untuk menuding polisi, aparat, represif terhadap umat Islam," tutur Ridlwan.


Sekali lagi dirinya menegaskan ideologi terorisme wajib dihapus serta RUU Antiterorisme wajib memuat mengenai tutorial mematikan ideologi tersebut. Apabila tidak, masyarakat bakal semakin menerus meperbuat upaya balas dendam sebab tidak sedikit kawan-kawannya yang ditangkapi polisi.

"Kalau tidak ditangkal, bakal konflik di akar rumput. Kelak (tindakan terorisme) dianggap rekayasa, ini wajib dipertanyakan lagi ke DPR," tandasnya. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger