Home » , , , , , , , , » Mengenal Pura Tirta Empul yang Dikunjungi Obama di Bali

Mengenal Pura Tirta Empul yang Dikunjungi Obama di Bali

Written By admin on Rabu, 28 Juni 2017 | Juni 28, 2017


harian365.com - Dalam liburannya ke Bali, Barrack Obama pernah berkunjung ke Pura Tirta Empul di Tampaksiring. Ada apa sih di sana hingga Obama datang berkunjung?

Pada hari kelima liburan Obama di Bali, mantan orang nomor satu di AS itu menyempatkan datang ke Pura Tirta Empul kemarin sore. Diketahui ia tiba di lokasi kurang lebih pukul 16.15 WITa.

Kedatangan Obama serta keluarga pun langsung mencuri perhatian masyarakat serta turis yang tengah berkunjung. Obama pun disambut oleh Bendesa Budaya Made Mawiarnata, dilanjutkan dengan berkeliling pura sebelum berangkat pada pukul 16.45 WITA. Hanya 30 menit saja tak lebih lebih.


Walau hanya sebentar, sekiranya kunjungan Obama ke Pura Tirta Empul menjadi sebuahkehormatan bagi masyarakat Hindu Bali. Pura Tirta Empul juga diketahui sarat sejarah serta begitu dikeramatkan oleh masyarakat kurang lebih.

"Pura Tirta Empul ini telah mempunyai daya tarik sendiri, sebab ada sejarah yang menceritakan semacam mata air tirta empul yang mengalir hingga samudra, ya kalian tak bakal sempat diam, bakal berkembang semakin," ucap Made Mawiartana pada harianhot di lokasi, Selasa sore (27/6/2017).

Bagi traveler yang belum tahu, Pura Tirta Empul juga disebut sebagai istana air. Tidak hanya menjadi tempat sembahyang, Pura Tirta Empul juga mempunyai kolam air suci yang dipakai untuk pembersihan diri.


Semacam yang dikatakan Made Mawiartana, air di Pura Tirta Empul dipercaya bisa membersihkan diri. Oleh karena itu, tidak sedikit masyarakat hingga turis asing yang membilas muka di Pura Tirta Empul.

Pura itu pun terbagi menjadi tiga tahap, Jaba Pura (halaman depan), Jaba Tengah (halaman tengah) serta Jeroan (halaman inti). Sedangkan dua kolam keramat bisa ditemui di tahap Jaba Tengah.

Sejarahnya, dahulu kawasan Tampaksiring merupakan hutan belantara yang dijadikan tempat pelarian Raja Mayadenawa yang tidak membolehkan rakyatnya menyembah dewa.

Sang dewa pun marah, lalu raja murka itu melarikan diri ke tengah hutan, lalu kesaktiannya berubah sehingga suatu  mata air beracun. Tapi sang dewa pun bertindak untuk mengubah mata air tersebut menjadi suci serta dijadikan suatu  ritual hingga saat ini.


Melukat merupakan nama ritual menyucikan diri di kolam pemandian ini. Ritual ini telah diperbuat sejak abad ke-10. Mereka yang ingin membersihkan diri di kolam air suci wajib rela antre, baik laki-laki serta perempuan. Nama pura itu pun diambil langsung dari sumber air Tirta Empul. Dalam bahasa Hindu, Tirta Empul mempunyai pengertian air yang menyembur keluar dari dalam tanah.

Sebelum menceburkan diri di kolam, umat Hindu meperbuat sembahyang terhadap Dewa. Lalu berlangsung ke suatu  kolam yang tersedia 13 pancuran air suci. Setibanya mereka langsung berendam serta terlebih dulu memanjat doa, lalu membilas muka mereka dengan cara perlahan. Di kurang lebih pancuran terkesan berbagai sesaji yang dinamai canang sari.

Ritual Melukat belum usai hingga di sini, dilanjutkan berlangsung ke suatu  tirta serta kembali memanjat doa serta membersihkan diri. Usai basah-basahan di dalam kolam, mereka mengeringkan diri serta ganti pakaian. Kemudian semua umat berkumpul di halaman dalam.


Layaknya pura lain, Tirta Empul juga dibangun untuk menyembah salah satu Trimurti alias tiga Dewa mutlak dalam agama Hindu. Pura Tirta Empul pun dibangun untuk Dewa Wishnu.

Kolam pemandian ini selain menjadi tempat meruwat diri, tapi juga sebagai objek wisata yang disukai turis. Ada juga peninggalan website purbakala kerajaan di area desa ini.


Kawasan Tampaksiring juga kaya bakal destinasi wisata sejarah, contohnya Istana Presiden Tampaksiring yang lokasinya sangat dekat dengan Pura Tirta Empul. Hebat sekali ya.




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger