Mengenal Leukemia, Penyakit Langka yang Membunuh Batman

Written By admin on Minggu, 11 Juni 2017 | Juni 11, 2017


harian365.com - Adam West, pemeran Batman di serial TV tahun 1960-an meninggal seusai berjuang melawan leukemia. Penyakit yang menyerang sumsum tulang ini umumnya dikategorikan langka.

Dikutip dari Rare Disease Report, leukemia atau tak jarang disebut sebagai kanker darah oleh orang awam, sebetulnya tak tergolong langka apabila dilihat sebagai satu kelompok. Tetapi jenis-jenisnya yang terbukti sangat tak sedikit, masing-masing merupakan tipe kanker langka.

Berbagai tipe leukemia yang dikenal antara lain merupakan acute lymphoblastic leukemia (ALL), acute myeloid leukemia (AML), chronic lymphocytic leukemia (CLL), chronic myeloid leukemia (CML), hairy cell leukemia, dan T-cell prolymphocytic leukemia.

Berbagai tipe leukemia menyerang anak-anak di bawah usia 15 tahun, sedangkan sebagian lainnya lebih tak jarang ditemukan pada orang dewasa di atas usia 55 tahun.


Kanker ini menyerang jaringan yang menghasilkan sel-sel darah, tergolong sumsum tulang belakang. Leukemia akut berkembang sangat cepat, dan biasanya terus memkurang baik dalam waktu singkat. Sebaliknya, leukemia kronis berkembang lebih lambat sampai bertahun-tahun.

Penyebab tentu leukemia tak diketahui, tetapi para ahli meyakini tipe kanker ini berhubungan dengan genetik dan hal lingkungan. Berbagai hal risiko yang dikenal semacam dikutip dari Mayo Clinic antara lain riwayat pengobatan kanker, gangguan genetika, paparan zat kimia semacam benzene, dan kebiasaan merokok.


Belum diketahui tentu tipe leukemia apa yang menyerang Adam West, pemeran Bruce Wayne atau Batman. Sang aktor meninggal di Los Angeles, Amerika Serikat pada Jumat waktu setempat di usia 88 tahun.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger