Maaf Lahir Batin, Sehat Lahir Batin

Written By admin on Minggu, 25 Juni 2017 | Juni 25, 2017


harian365.com - Tidak hanya menyempurnakan ketersanjungan di hari yang fitri, saling memaafkan saat Lebaran juga memberbagi akibat positif bagi kesehatan. Beberapa penelitian sudah membuktikan alangkah bergunanya kata maaf.

Bagi pengidap hipertensi, maaf punya efek menurunkan tekanan darah. Ini terungkap dalam suatu  penelitian di University of Massachusetts, yang membuktikan bahwa tekanan darah para responden turun 20 persen lebih cepat ketika mendengar kata maaf.

Penelitian serupa juga sempat diperbuat di University of California. Dalam suatu  eksperimen, terungkap bahwa menyimpan dendam bakal membikin tekanan darah cenderung lebih tinggi dibandingkan pada kelompok responden yang diajari tutorial untuk memaafkan.

Sedangkan apabila permintaan maaf diperbuat sambil sungkem alias salaman, maka dapat juga didapatkan kegunaaan ekstra. Suatu  penelitian terakhir di jurnal Scientific Reports mengungkap bahwa kontak fisik dapat memicu sinkronisasi denyut jantung dan pernapasan.


Sinkronisasi ini teramati pada pasangan heteroseksual saat salah seorang di antaranya mengalami nyeri, umpama saat melahirkan. Kehadiran suami yang memegangi tangan sang istri dapat membikin toleransi kepada rasa nyeri meningkat sebab adanya proses sinkronisasi tersebut.

"Bisa sehingga sentuhan merupakan alat untuk mengomunikasikan empati, yang menghasilkan efek analgesik alias pereda nyeri," kata Pavel Goldstein yang memimpin penelitian tersebut, semacam dikutip dari Sciencedaily.


Dari segi kejiwaan, maaf dapat diartikan sebagai keputusan untuk melepas kebencian dan pikiran untuk balas dendam. Dikutip dari Mayo Clinic, pikiran yang damai seusai sanggup memaafkan dapat menurunkan risiko depresi, stres dan kegelisahan, dan dapat menambah percaya diri.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger