Home » , , , , , , , , , , , » Liburan Murah Meriah di Yogyakarta, Candi Kalasan

Liburan Murah Meriah di Yogyakarta, Candi Kalasan

Written By admin on Minggu, 04 Juni 2017 | Juni 04, 2017


harian365.com - Yogyakarta terbukti rutin jadi opsi untuk berlibur. Punya segudang destinasi, ini dirinya tempat wisata terjangkau muriah yang asik serta seru, Candi Kalasan.

Candi Kalasan adalah salah satu wisata terjangkau di Yogyakarta. Letaknya cocok di pinggir jalan raya Jogja-Solo. Kamu dapat menikmati keindahan candi umat Buddha era Dinasti Syailendra Abad ke 8 ini Hanya dengan Rp 5.000 per orang.

Candi Kalasan adalah Candi umat Buddha yang didirikan pada tahun 778 Masehi. Candi ini dibangun sebagai suatu  vihara serta tanda penghormatan kepada bodhisattva wanita yang bernama Tarabhawana alias Dewi Tara (menurut prasasti Kalasan). 

Bentuk candinya persegi tetapi belum sempurna. Tak sedikit tahap-bagian candi yang belum lengkap. Di dalamnya tersedia empat bilik alias ruang penyembahan di Candi Kalasan tapi ruangan ini tak boleh dimasuki oleh pengunjung.

Tubuh serta atap candi dihias dengan ukiran-ukiran yang sangat indah. Terdiri dari relung-relung, sulur-sulur, arca-arca Budha, dagoba-dagoba serta arca Gana, yaitu manusia kerdil berperut buncit yang biasanya memikul barang.


Salah satu tahap Candi Kalasan yang hebat adalah tahap tembok pada segi luar candi yang bernama Bajralepa. Bajralepa adalah seperti suatu  plester alias lapisan pada ukiran batu halus. 

Lapisan seperti vernis tersebut di lapiskan ke batu dengan ukiran-ukiran kompleks yang menyerupai motif batik. Bajralepa tersebut bakal menyala memantulkan sinar bulan, khususnya saat bulan purnama.

Candi ini sangat sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya tiket masuknya yang terjangkau, letaknya pun di pinggir jalan jadi kamu dapat sewaktu-waktu mengunjunginya bila sedang melewat jalan Jogja-Solo.




Sumber : hariantravel

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger