Home » , , , , , , , , » Krisis Qatar, AS Kerahkan 2 Kapal Perang ke Doha

Krisis Qatar, AS Kerahkan 2 Kapal Perang ke Doha

Written By admin on Kamis, 15 Juni 2017 | Juni 15, 2017


harian365.com - Dua kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat sudah tiba di Doha, Qatar untuk ikut dan dalam latihan militer perpaduan dengan Angkatan Laut Qatar. Latihan bersama ini diperbuat di tengah meningkatnya ketegangan antara Qatar dengan Arab Saudi cs.

Kedua kapal militer AS itu tiba pada Rabu (14/6) waktu setempat di Pelabuhan Hamad, selatan Doha "untuk ikut dan dalam latihan perpaduan dengan Angkatan Laut Qatar," demikian dikabarkan kantor kabar Qatar, Qatari News Agency (QNA) semacam dilansir Reuters, Kamis (15/6/2017).

Dilaporkan QNA, para kru kapal AS disambut oleh para perwira Angkatan Laut Qatar.

Pengerahan kapal militer AS ke Doha ini diperbuat di tengah pengucilan Qatar oleh negara-negara Teluk Arab. Pada awal Juni lalu, Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir kompak memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar dan menghentikan semua lalu lintas darat, udara dan laut dengan monarki tersebut.

Keempat negara tersebut menyebutkan, pemutusan hubungan diperbuat sebab Qatar mendukung terorisme dan kelompok-kelompok militan semacam ISIS, al-Qaeda dan lainnya. Pemerintah Qatar membantah keras tuduhan itu dan menyebutnya sebagai rekayasa.


Tidak jelas apakah pengerahan kapal militer AS ini direncanakan sebelum krisis Qatar, alias apakah pengerahan itu sebagai tanda dukungan AS bagi Qatar.

AS mempunyai pangkalan militer paling besar di Timur Tengah yang berlokasi di Qatar. Setidak sedikit 11 ribu tentara AS ditempatkan di pangkalan udara al-Udeid di Qatar itu. Dari pangkalan udara itulah, militer AS melancarkan serangan-serangan udara di Suriah, Irak dan Afghanistan.




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger